Indikator Webometrics Berubah


Tampilan laman Webometrics 2012 Tampilan laman Webometrics 2012

JAKARTA – Setiap tahun, Lembaga Pemeringkatan Webometrics merilis daftar peringkat perguruan-perguruan tinggi dunia. Pada laporan yang dirilis Juli 2012 ini, Webometrics mengumumkan perubahan metodologi pemeringkatannya.

Sebelumnya, Webometrics memiliki empat indikator penilaian peringkat perguruan tinggi yaitu visibility, website page size, rich files, dan Google scholarship. Visibility merupakan jumlah eksternal link yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh empat search engines (Yahoo, Google, Live Search/bing, dan Exalead). Website page size menunjukkan jumlah halaman website yang tertangkap oleh empat search engines (Google, Yahoo, Live Search/Bing, dan Exalead). 

Rich Files merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc), dan Microsoft Powerpoint (.ppt), namun tidak termasuk xls atau latex atau tex) yang online di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh empat search engines (Yahoo, Google, Live Search/bing, dan Exalead). Sedangkan Google Scholarship menunjukkan jumlah paper dan sitasi yang tertangkap di Google Scholar (http://scholar.google.com) untuk setiap domain website universitas.

Semester ini, Webometrics menggunakan parameter penilaian yang berbeda, yakni Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Presence berbobot 20 persen dari total penilaian, ia menyatakan volume konten global yang terindeks Google.  Impact, dengan bobot paling besar (50 persen), merupakan kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibilitynya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.

Paramater Openness memiliki bobot penilaian 15 persen dan menunjukkan
jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar. Sementara itu, Excellence merupakan karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago. Parameter ini berbobot 15 persen dari total penilaian.

Jika diperhatikan, secara umum parameter baru ini tidak jauh berbeda dengan parameter sebelumnya. Presence mirip dengan Size, Impact serupa dengan Visibility dengan tambahan penilaian pada kualitas website, Openness pun dapat dikatakan sama dengan Google Scholar.  Sementara itu, parameter Excellence memisahkan perhitungan jumlah artikel ilmiah pada jurnal internasional bergengsi yang sebelumnya masuk ke Google Scholar.

Courtesy : okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s