Be the Winner at UB Blogmetrics Award 2012


Pada dasarnya bukanlah hal yang sulit ketika kita ingin menjadi pemenang dalam UB Blogmetrics Award 2012, asalkan kita mengetahui cara untuk meningkatkan nilai kita dalam kriteria penilaian yang sudah ada. Salah satu caranya adalah meningkatkan visibility (jumlah link dari situs lain yang terhubung ke situs kita), faktor terbesar dalam penilaian Blogmetric Award. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan nilai visibility situs kita:

  1. Menggunakan kata kunci yang tepat
  2. Memanfaatkan link internal
  3. Pemberian judul pada situs
  4. Membagikan isi situs melalui media sosial sekaligus mempromosikan
  5. Mendeskripsikan situs dalam kategori yang jelas
  6. Membatasi penggunaan desain grafis
  7. Menggunakan url yang jelas dan mudah diingat

Selain tips di atas, kita tetap harus memperhatikan kualitas dari apa yang kita posting untuk memberikan nilai tambah pada proses penilaian. Hal ini dapat dilakukan dengan menyertakan format dokumen dalam bentuk Portable Document Forward (PDF), Word Document (DOC), Power Point (PPT), dan Post Script (PS). Memang beberapa blogger di lingkungan Universitas Brawijaya menganggap bahwa mengupload dokumen dalam format-format tersebut merepotkan, sehingga kemudian banyak yang mengabaikan cara ini. Namun jika dilakukan secara berkala dan teratur meski dengan jumlah yang sedikit, cara ini akan menambah kontribusi nilai dan manfaat blog yang anda miliki.

1. Kata kunci (keyword)
Meskipun konten sangat penting dalam sebuah blog, penggunaan kata kunci menjadi sama pentingnya. Kata kunci adalah frase atau kata-kata yang akan dicari oleh search engine ketika dimasukkan ketika mereka mencari sebuah situs. Dan juga, pastikan bahwa anda tidak hanya menempatkan kata kunci dalam konten anda, tetapi juga di judul, header dan URL untuk blog Anda agar terindeks di search engine.
2. Memanfaatkan Link Internal
Anda dapat meningkatkan peringkat blog anda dengan menghubungkan dengan blog lain. Cara lain untuk meningkatkan peringkat blog anda adalah interlink posting blog anda sehingga pembaca dapat membaca tentang informasi yang telah anda tulis sebelumnya.
3. Pentingnya Judul
Judul adalah bagian dari paket blogging keseluruhan. Ingatlah bahwa kata-kata yang anda gunakan pertama dalam judul anda akan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan kata lain dalam judul anda, jadi pikirkan apa yang ingin anda tuliskan.
4. Manfaatkan Media Sosial
Memanfaatkan media sosial seperti facebook dan twitter sebagai sarana promosi blog anda. Anda bisa memberikan informasi tentang artikel yang anda tulis melalui media sosial tersebut sehingga teman-teman anda bisa mengunjungi blog anda.
5. Kategori Penggunaan
Kategori berguna ketika datang untuk memisahkan konten anda di bidang yang berbeda dari topik. Tidak hanya itu, search engine umumnya lebih memilih situs yang terstruktur dengan baik. Dengan menggunakan kategori, anda dapat dengan mudah mengatur konten anda sehingga pembaca akan memiliki kesempatan untuk menemukan posting lama dengan mudah
6. Batasi Desain Grafis
Anda harus membatasi desain grafis anda sehingga ketika orang lain berkunjung blog anda tidak mengalami proses loading page yang lama karena fitur yang tidak perlu. Contohnya adalah penggunaan animasi Flash yang berlebih akan memperlambat waktu loading blog anda, yang akhirnya memaksa pengunjung yang ingin melihat blog anda berpaling.
7. Perhatikan URL Penggunaan
URL yang baik adalah sama pentingnya dengan judul. Pastikan bahwa URL Anda mudah diingat dan jelas, bisa dengan menyertakan kata kunci seperti http://www.myblog.com/2011/11/SEO-example/ bukan http://www.myblog.com/?p=40.
Meskipun mungkin semua cara tidak bisa terlaksana dalam semalam, aturan-aturan sederhana ini akan membantu untuk meningkatkan peringkat blog anda.

Kriteria Penilaian UB BLOGMETRICS AWARD 2012

“Share Your Knowledge and be a part of UB World Class Entrepreneurial University Campaign through your blog”

LATAR BELAKANG
UB Blogmetrics Award 2012, merupakan kegiatan dalam rangka mendukung perangkingan UB melalui situs web yang dimilikinya. Upaya ini dilakukan untuk mendukung tujuan UB agar termasuk dalam World Class University.  Selain itu, situs web merupakan sarana publikasi dan promosi keunggulan UB yang efektif kepada masyarakat luas. Webometrics adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan suatu perguruan tinggi melalui websitenya.
Dalam penilaian webometrics terdapat 4 kriteria yaitu visibility, size, rich files, dan scholar. Di mana visibility merupakan penilaian terhadap jumlah total tautan eksternal link yang diterima dari situs lain yang diperoleh search engine (Yahoo). Sedangkan size adalah penilaian jumlah halaman yang ditemukan search engine (Google, Yahoo, Bing, Exalead). Rich files adalah penilaian terhadap kekayaan ragam file yang dapat ditelusuri oleh masyarakat melalui search engine (Google), file yang dinilai pada webometrics hanya yang berformat Adobe Acrobat (pdf), Ms. Word (doc), Ms. Power Point (ppt), Ms. Excel (xls) dan PostScript (ps). Sedangkan penilaian untuk scholar dengan melihat hasil temuan yang diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan ilmiah, laporan dan tulisan akademis.
TUJUAN
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi serta keberlanjutan pembaharuan situs web di bawah domain UB. Hal ini dilakukan sebagai upaya memenuhi standar World Class University dan menjadikan web sebagai media untuk publikasi, komunikasi serta promosi atas keunggulan yang dimiliki UB.
LINGKUP KEGIATAN
Lingkup kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada civitas UB untuk bersaing secara kompetitif dalam pembuatan maupun pembenahan situs web yang dimilikinya dengan mengacu pada standar World Class University, dalam hal ini didasarkan pada 4 aspek penilaian Webometrics (Size, Rich Files, Visibility, dan Scholar).
KEBERLANJUTAN
Lomba ini akan diadakan setiap tahun sebagai upaya menciptakan iklim pembaruan situs web yang berkelanjutan dan memenuhi standar World Class University.
TEMA UB BLOGMETRICS AWARD 2012
“Meningkatkan Peran Sivitas Akademika Dalam Mewujudkan World Class Enterpreneurial University”
Tagline : Share knowledge and be a part of UB World Class Entrepreneurial University Campaign through your blog
PERIODE PELAKSANAAN
Penilaian : bulan Juli, bulan September, dan bulan November
Pengumuman Pemenang : bulan Desember
KRITERIA PENILAIAN

  1. Peserta wajib menyertakan 1 tulisan dengan tema “World Class Entrepreneurial University”, dengan pilihan topik sebagai berikut:
  • bagaimana cara mewujudkannya ?
  • bagaimana dengan kondisi Universitas Brawijaya ini sendiri ?
  • apa saja langkah atau cara yang seharusnya diambil dan dilakukan ?
  • aspek-aspek apa saja yang harus menjadi perhatian ?
  1. Aktivitas blog berdasarkan posting dari peserta
  2. Jumlah halaman hasil pencarian dari search engine
  3. Ketersediaan rich files atau dokumen yang bisa diunduh
  4. Popularitas blog berdasarkan jumlah tautan dari blog lain (diluar dan di dalam domain ub.ac.id) yang merujuk pada blog peserta
  5. Konsistensi upload

KRITERIA TULISAN

  1. Tulisan yang dimuat harus disertai kata kunci atau tag “World Class Entrepreneurial University”
  2. Tulisan maksnimal terdiri dari 500 kata
  3. Peserta boleh melengkapi tulisan tersebut dengan gambar berupa foto atau ilustrasi yang mendukung
  4. Peserta boleh membuat lebih dari 1 tulisan
  5. Tulisan dapat berupa opini, reportase, cerita pengalaman, ataupun saran dan masukan mengenai tema yang bersangkutan
  6. Artikel terbaik akan mendapatkan hadiah hiburan

ATURAN

  1. Konten / isi blog bukan merupakan konten advertising yang memiliki link ke luar domain UB dan bukan junk post ataupunspam.
  2. Post “hello world” tidak termasuk dalam posting yang dinilai
  3. Blog yang dinilai, merupakan sebuah blog yang menunjukkan identitas pemiliknya dengan jelas.
  4. Isi postingan tidak mengandung unsur Pornografi, Diskriminasi, SARA, atau tindakan yang melanggar hukum Negara Republik Indonesia.
  5. Keputusan juri / tim penilai, tidak dapat diganggu gugat

PESERTA
Peserta adalah situs blog yang berada di bawah domain ub.ac.id, yaitu:

  1. Blog Dosen (http://lecture.ub.ac.id)
  2. Blog Staff (http://staff.ub.ac.id)
  3. Blog Student (http://student.ub.ac.id)

KATEGORI PESERTA

  1. Pendaftar lama
  2. Pendaftar baru (terdaftar dan aktif mulai bulan Juni 2012)

JUMLAH BLOG TERUPDATE

  1. Jumlah Blog Dosen : 1572
  2. Jumlah Blog Staff : 925
  3. Jumlah Blog Mahasiswa : 10758
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s