5 Alasan Mahasiswa Harus Ikut Kegiatan di Kampus


simpletuition.com

Jadikan masa kuliah menjadi masa paling penting dalam hidup Anda.

Masa-masa kuliah ada masa yang penting bagi seseorang untuk membentuk kepribadian dan menyiapkan diri sebelum terjun ke masyarakat. Sayangnya, hanya sedikit mahasiswa yang sudah mulai mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi masa depan yang lebih panjang. Tak jarang kegiatan perkuliahan hanya sekadar ritual belaka—datang, masuk kelas, nongkrong di kantin, lalu pulang. Bahkan tidak sedikit yang justru menyia-nyiakan masa itu dengan bermain tiada henti, nongkrong di berbagai tempat, hingga tak jarang studi pun terbengkalai. Akibatnya, setelah lulus mereka tidak memiliki jaringan, tidak memiliki keahlian yang berarti, sehingga sulit mendapatkan pekerjaan. Padahal, di masa merupakan saat yang penting untuk meluaskan jaringan dan mencari tahu apa yang kita inginkan untuk masa depan.

Itulah sebabnya, keterlibatan mahasiswa pada perkumpulan ataupun kegiatan yang sesuai dengan karir yang diminatinya sangatlah penting. Setidaknya ada lima alasan pentingnya keterlibatan mahasiswa pada kegiatan yang akan menunjang karirnya. Berikut liputannya.

Memastikan minat

 Tidak sedikit orang yang merasa “tertipu” ketika memilih sebuah jurusan di perguruan tinggi. Mereka masuk di jurusan yang dipikir akan disukai, tapi setelah terjun di dalamnya, ternyata tidak merasa cocok. Aktif di berbagai kegiatan kampus yang sesuai dengan jurusan yang digeluti akan memudahkan Anda untuk melihat, apakah minat Anda memang disana. Jika memang jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan minat, maka Anda dapat segera mengambil keputusan untuk memilih jurusan lain yang lebih disukai. Jika Anda masih belum yakin juga dimana minat Anda, cobalah keluar dari lingkaran kampus dan lihatlah dunia luar—dengan segala dinamikanya—dengan mata kepala sendiri.

Menambah pengetahuan

 Kegiatan-kegiatan seperti diskusi, seminar, dan berbagai kegiatan lain yang diselenggarakan oleh organisasi profesional, akan membantu Anda untuk belajar banyak hal mengenai industri, yang bisa jadi akan digeluti di masa depan. Di sanalah Anda bisa belajar cara berdiskusi dan apa saja hal yang dianggap penting oleh mereka. Informasi-informasi semacam ini, bisa jadi, bahkan lebih penting dari segala pengetahuan yang Anda baca di buku pelajaran, ataupun dijelaskan oleh dosen di depan kelas.

 Merasakan Lingkungan Sekitar

 Jika hari-hari sebagai mahasiswa hanya dihabiskan untuk kuliah kemudian pulang, maka akan ada banyak hal yang Anda lewatkan. Penting bagi setiap mahasiswa, baik yang berkuliah di luar kota ataupun di kota tempat tinggalnya, untuk mengeksplor lingkungan sekitar kampus. Mengikuti berbagai kegiatan, baik itu kegiatan mahasiswa ataupun yang bersifat profesional, adalah salah satu langkahnya. Bisa jadi segala fasilitas di kampus Anda memang sudah cukup lengkap, tetapi Anda perlu ingat, bahwa tidak akan selamanya berada di sana. Anda akan lulus dan terjun ke masyarakat suatu saat nanti. Mengenali dan merasakan lingkungan di sekitar kampus—tahu dimana tempat makan yang murah untuk konsumsi acara, tempat nongkrong yang asyik untuk rapat, ataupun tempat fotokopi dan percetakan yang murah untuk publikasi—adalah hal yang penting, karena dari sanalah Anda bisa mempelajari kebudayaan dan kebiasaan yang ada di sekitar lingkungan akademis Anda.

 Menambah panjang daftar CV

 Sudah yakin dengan jalur karir masa depan? Sudah ikut dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan itu? Jika ya, maka kinilah saatnya bagi Anda untuk melihat manfaat yang lebih besar dari itu semua. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan sukarelawan untuk membantu kegiatan mereka, dan ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk bergabung bersama mereka. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di acara yang mereka gelar, mulai dari membantu publikasi, menjadi penjaga stan di pameran, menjadi resepsionis, dsb.

 Jaringan

 Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa saat ini jaringan adalah hal yang sangat penting. Di tengah persaingan kerja yang semakin sulit bagi para profesional muda, bukan rahasia lagi jika yang dicari bukan hanya “Apa yang kau tahu, tapi siapa yang kau kenal”. Di tengah dunia digital seperti sekarang ini, sebenarnya tugas Anda menjadi lebih mudah. Dalam setiap kegiatan yang diikuti, pastikan untuk mengenal tiga sampai lima orang baru, dan pastikan untuk membuat kontak dengan mereka setelahnya, baik melalui email ataupun LinkedIn. Tambahkan pesan-pesan personal agar mereka bisa mengingat siapa diri Anda. Jika mereka memiliki Twitter, ikuti mereka dan jangan ragu untuk bertanya mengenai segala topik yang bersifat profesional. Dengan demikian, hubungan pun akan terjalin dan memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan di kemudian hari. [Mashable]

 Courtesy : Mizanmag.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s