World Class Entrepreneurial University


https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/8/82/BundaranrektoratUB.jpg(Monumen Tugu Universitas Brawijaya)

1. World Class Entrepreneurial University, Apakah itu?

Nah, ayo kita bahas lagi lebih dalam.

World Class Entrepreneurial University. Hmm.. Ayo kita lihat kata yang berhuruf tebal yaitu Entrepreneurial. Sebelum membahas lebih dalam tentang World Class Entrepreneurial University, kita harus tahu dulu makna dari kata “Entrepreneurial”.

Ekonom Perancis yang dikenal sebagai pencetus istilah ini adalah Jean Baptiste Say yang menggunakan istilah tersebut pada tulisan-tulisannya di sekitar abad ke-19: “Entrepreneur adalah orang yang memindahkan sumber-sumber ekonomi dari daerah kurang produktif ke daerah yang produktif untuk mendapatkan keuntungan”, dengan kata lain, “Entrepreneur adalah orang yang menciptakan nilai”.

Pendidikan Entrepreneurship adalah inisiator, Jantung, sekaligus roh proses evolusi UB menuju Entrepreneurial University 2015. Pendidikan entrepreneurship digunakan sebagai instrumen pendidikan (Pedagogical) dalam merubah pola pikir (mindset) mahasiswa dan harus dilaksanakan sedini mungkin, berkesinambungan, berjenjang dan terorganisir sesuai dengan tingkat proses belajar mengajar (PBM). Entrepreneurship adalah sebuah mindset atau pola pikir yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang.

World Class Entrepreneurial University merupakan perwujudan Visi dan Misi Universitas Brawijaya, untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dan berjiwa pelopor. Di dalam pelaksanaannya telah ditempuh rintisan-rintisan berbagai kegiatan dengan bantuan dana hasil kerjasama.

2. Bagaimana cara Mewujudkannya ?

(Gedung INBIS UB di Jalan Veteran, sebagai penunjang Entrepreneurial University)

Upaya-upaya mewujudkan EU terus dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapannya, diantaranya telah di tempuh melalui kerjasama dengan Badan Litbang Diknas, UB dipercaya untuk menyusun Pedoman Umum, Pedoman Khusus dan berbagai modul Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi. Bekerja sama dengan JBIC (Japan Bank for International Cooperation) dan Waseda University, serta perguruan tinggi di negara-negara ASEAN untuk mencari dan menguji coba model Pendidikan Entrepreneurship untuk Mahasiswa Pendamping UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang cocok diterapkan di kawasan ASEAN.

Dalam hal proses pembelajaran, Pendidikan Entrepreneurship di UB tidak hanya mengajar skill set tetapi lebih dari itu yaitu menanamkan kultur/budaya  entrepreneurial midset.  Mulai dari perencanaan, proses, leadership sampai dengan networking dengan new way of thinking.

3. Bagaimana dengan Kondisi Universitas Brawijaya ini Sendiri ?

Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu :

1. Pendidikan

Pendidikan di UB yang bertaraf internasional untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa dan berkemampuan “entrepreneur” (kreatif, inovatif, dan mandiri).

2. Penelitian

Penelitian dari mahasiswa UB  yang menghasilkan IPTEK baru yang bertaraf internasional dan dapat di-inovasikan kepada masyarakat untuk membentuk unit usaha baru untuk menuju kualitas kehidupan yang lebih baik.

3. Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa UB melalui pengabdian kepada masyarakat dengan membantu masyarakat (pengangguran) membuka unit usaha baru untuk meningkatkan daya saing bangsa di tingkat internasional.

https://i1.wp.com/farm3.static.flickr.com/2431/3877569561_405d95c32e.jpg

Sehingga dari ke-3 Tridarma Perguruan Tinggi telah tercakup secara keseluruhan. Sehingga kualitas UB dalam Pendidikan dan Penelitian sudah tidak perlu diragukan lagi. Menurut saya sendiri, UB telah cukup layak untuk menjadi “The World Class Entrepreneurial University”.

 Ayo kita mulai merubah mindset kita agar selalu bersemangat, Optimistis, always positive thinking dan selalu memotivasi diri serta selalu tersenyum di setiap situasi. Jiwa-jiwa Entrepreneur selalu melihat masalah sebagai suatu tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan, bukan untuk lari dari masalah yang akan kita hadapi. Bagaimanakah caranya? Cukup simple, yaitu dengan mencari solusi dan inovasi atas permasalahan yang ada.

Semoga semua civitas akademik UB (mahasiswa, dosen, staff dan lain-lain) dapat terus bergerak di jalan yang tepat dalam rangka menuju UB The World Class Entrepreneurial University.

https://i1.wp.com/ub.ac.id/files/images/tentang/logoub.jpg

Universitas Brawijaya “Join UB, Be the Best”

Referensi :

Modul Pendidikan Entrepreneurship di UB. Mata Kuliah Kewirausahaan FPIK UB, Lecture 1: Pendahuluan.

The Meaning of Social Entrepreneurship, J. Gregory Dees, 2001.

http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Brawijaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s