6 Penyebab Perut Cepat Lapar


Sepertinya baru beberapa saat lalu Anda makan, eh sudah lapar lagi. Aduh… Ada apa sih dengan perut ini?
Apabila Anda mengalami hal tersebut, beware akan keenam penyebab perut cepat lapar ini :

Benci sayuran dan buah-buahan

Rasanya trauma deh saat masih kecil dulu seringkali disodori dengan bayam dan wortel. Akibatnya saat dewasa jadi tidak doyan makan sayur. Padahal, sayur dan buah-buahan adalah sumber nutrisi penting yang mencukupi kebutuhan tubuh. Selain nutrisi, sayur dan buah kaya serat sehingga dapat memperlancar pencernaan serta membuat perut kenyang lebih lama.

Makan sambil membaca atau menonton televisi

Menurut riset yang dilakukan Harvard, seperti dikutip dari dinozze, orang yang gemar makan sambil membaca atau menonton televisi cenderung mudah lapar. Hal tersebut disebabkan karena otak tidak fokus pada makanan, sehingga otak tidak menerima sinyal kenyang. Demikian juga seorang psikolog dan ahli diet Susan Albers, Psy.D., mengatakan bahwa untuk mencapai kenyang, seseorang harus fokus pada makanannya.

Terlalu stress

Apabila Anda terlalu stress, maka tubuh juga cepat sekali lapar. Stress yang tinggi juga sering memicu seseorang untuk sulit mengontrol nafsu makan. Terkadang bisa sama sekali tidak makan, di waktu lain justru makan gila-gilaan.

Kurang tidur

Orang yang kurang tidur cenderung memiliki tubuh gemuk. Mengapa? karena energi pada tubuh mudah habis dan otak mengirim sinyal kepada perut untuk menggantikan energi dengan makan, padahal seharusnya yang dibutuhkan adalah tidur. Tak heran kan jika sebentar saja makan tubuh sudah lapar lagi.

Terlalu banyak minum kopi

Saat tubuh terlalu banyak mengonsumsi kopi, maka tubuh akan terstimulasi mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan gula. Akibatnya, saat mata bertemu nasi, roti, dan aneka makanan lainnya, maka tubuh langsung menanggapinya dengan sinyal lapar.

Terlalu banyak kafein di dalam tubuh juga membuat tubuh jadi mudah cemas serta stres. Dan kecenderungan seseorang apabila tidak dapat melampiaskan stres pada sebuah kegiatan lain, maka makanan menjadi sasarannya.

Mengonsumsi terlalu banyak gula

Makan makanan yang manis-manis ternyata tak membuat tubuh jadi kenyang. Justru makanan yang manis-manis akan menimbulkan keinginan tubuh untuk makan sesuatu yang lain. Semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin kecil kemampuan tubuh untuk mengontrol keinginan makan.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa tubuh cepat sekali lapar. Kini Anda bisa mengontrol kembali diet Anda serta mencapai target kebugaran tubuh.

Courtesy : Vemale

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s