Tips untuk Membeli Laptop


laptop

(Gambar ilustrasi)

Kamu semua akan merasa bingung kan apa saja yang harus diperhatikan saat akan membeli laptop / notebook? Ya, bagi anda yang belum tau pasti lah akan mengalami hal tersebut. Beda lagi dengan yang sudah faham betul sama yang namanya laptop / notebook. Tapi bagi yang belum tau, jangan takut.. Saya akan coba share nih beberapa tips yang bisa anda lakukan saat akan membeli yang baru. Mau tau? Yuk kita lanjut bacanya 🙂

Nah, ini dia tips yang saya maksud. Silahkan anda ingat – ingat ya, atau kalau anda suka lupa boleh disave lalu di-print deh artikel ini.

Yang pertama, anda harus memperhatikan Fungsi (harus disesuaikan dengan kebutuhan kita).

Maksudnya anda tentukan dulu untuk apa tujuan membeli laptop / notebook anda nantinya. Dan berikut ini jenis – jenis yang bisa anda jadikan pertimbangan :

1. Ultra Portable : Laptop jenis ini adalah untuk kalian yang menyukai hal-hal yang serba praktis. Dari segi ukuran, laptop ini memiliki ukuran yang kecil, tipis dan biasanya memiliki bobot yang ringan. Otomatis laptop berjenis ini akan lebih tipis dari yang biasa dengan layar yang hanya memiliki 12″. Dalam hal processor, laptop ini memakai jenis processor yang biasa (kelas low-mid end) tapi tentunya bisa menghemat listrik, karena dengan begitu anda bisa memakai laptop ini dengan waktu yang lebih lama. Contoh jenis processor jenis ini misalnya Intel Atom, Intel ULV / AMD Neo. Anda bisa menggunakan laptop yang memiliki processor ini selama > 7 jam. Perlu diingat bahwa, laptop yang berjenis ini biasanya tidak memiliki optical drive atau DVD-RW. Dan harganya pun sekitar 3-5 jutaan tergantung pada spesifikasi dan merknya.

2. Portable : Untuk laptop yang berjenis ini diperuntukkan bagi anda yang memiliki tingkat pemakaian normal dalam sehari – harinya. Dan laptop jenis ini memang merupakan salah satu jenis laptop yang sedang mendominasi di pasaran, juga dapat digunakan oleh kebanyakan orang. Dari segi ukuran, laptop jenis ini memiliki ukuran yang sedang dengan ukuran layar antara 12 sampai 14 inchi. Untuk masalah harga, laptop jenis ini tergantung merk, processor, dan spesifikasi lainnya. Biasanya, harganya itu sekitar 4-5 jutaan (menggunakan Intel Celeron), 6-7 jutaan (Intel Core i3), 7-9 jutaan (Intel core i5). Untuk tipe laptop jenis ini specs tertinggi yaitu Core i5 atau yang setara dengannya. Daya Tahan baterainya masih standart antara 3-5 jam.

3. Desktop Replacement : Ditujukan untuk para Gamer, desainer grafis, ataupun pekerjaan-pekerjaan lain yang membutuhkan kinerja diatas rata-rata. Laptop jenis Biasanya berukuran besar, berat, dan memiliki layar yang berukuran diatas 14 inchi. Ciri khas laptop jenis ini adalah terdapat pada VGA yang terpisah, tidak integrated. ini bertujuan untuk menunjang kemampuan grafis yang memang dibutuhkan oleh laptop jenis ini. Prosesor yang digunakan hanyalah prosesor kelas atas semisal intel core i5 atau bahkan intel core i7, sehingga membuat harga-nya menjadi selangit. Rentang harga laptop jenis ini mulai dari 8 jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Yang kedua, anda harus memperhatikan “Merk“.

Pemilihan merek merupakan hal yang sangat penting. Pada khasus Netbook, harga merk lokal berkisar 2,5 juta (baterai 3 cell) bandingkan dengan merk Acer / Samsung seharga 3 jutaan (baterai 6 cell yang tahan samapi 6-8 jam). Merek yang sudah terkenal seperti Toshiba, Acer, Sony, Samsung, Dell, HP dan lainnya biasanya mempunyai kualitas perakitan yang lebih baik dibandingakan rakitan lokal. Selain itu service center yang merata di seluruh Indonesia, atau setidaknya yang memiliki service center terdekat di kota anda. Ini penting untuk anda yg tinggal di luar kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, jika suatu saat terdapat masalah atau kerusakan pada laptop anda.

Yang ketiga, anda harus memperhatikan Operating System (OS) dari laptop / Notebooknya.

Sebagian besar Laptop yang dijual saat ini, kebanyakan menyertakan Microsoft Windows sebagai OS bawaan. Hal ini sebetulnya sangat merugikan konsumen . Anda sebagai konsumen tidak memiliki pilihan selain OS tersebut. Umumnya Laptop yang bundling sama windows selisih harga kisaran 300-500 ribu dibandingan tanpa OS. Lagian kalo beli bundling sama Windows biasanya partisi hard disk cuman 1 partisi aja. Kalo data kena virus bingung installnya.

laptop2

Tips Tambahan bagi anda yang Benar-benar awam atau gak ngerti sama sekali tentang Laptop atau notebook :

  1. Sebelum membeli laptop ataupun produk elektronik yang murah, hendaknya mencari tahu harga pasaran produk tersebut saat ini. silahkan mencari informasi dengan browsing di internet. Biasanya harga di kota anda tidak akan berbeda jauh dengan harga di internet, bisa juga jadi lebih murah.
  2. Ajaklah Teman anda yang Benar-benar mengerti tentang laptop. Tentu saja ini untuk membantu anda dalam memilih dan membeli laptop yang bagus yang sesuai dengan keinginan dan dana anda, tidak asikkan kalau harga laptopnya murah namun barangnya dan mutunya jelek ? Bagus barangnya dan berkualitas namun murah meriah. 🙂
  3. Untuk mencari laptop yang lebih murah biasanya saat ada pameran komputer / Laptop, harga di pameran komputer biasanya lebih murah. Walaupun demikian ini tidak menjamin kalau di harga pameran lebih murah seperti yang anda inginkan. Namun demikian bisa menjadi referensi anda berapa kisaran harga produk laptop yang anda inginkan. Toko mana yang harganya lebih murah dan sesuai dana anda 🙂
  4. Ini Tips terakhir Cobalah untuk Menawar / di nego Harganya , Serta tanyakan secara detail tentang Garansi dari produk Laptop yang akan anda beli, serta ada tidaknya layanan Purna jual di kota anda untuk merk Laptop yang anda beli, ini untuk memudahkan anda bila suatu saat laptop atau Notebook anda mengalami masalah.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s