2014 UB Garap Kampus Probolinggo


BundaranrektoratUB

Universitas Brawijaya (UB) akan memulai menggarap program jarak jauh (PJJ) UB Probolinggo. Hal ini dilakukan karena program PJJ UB Jakarta, Kediri, dan Kasembon, dinilai cukup berhasil menjaring peminat.

Rektor UB, Prof Dr Ir Yogi Sugito, mengatakan akan segera merealisasikan PJJ UB Probolinggo dan memulai persiapan pembangunan infrastruktur kampus UB Probolinggo 2014 mendatang.

“Bisa pertengahan atau akhir 2014, atau bahkan 2015 mendatang. Sebab di Malang sendiri kami masih membangun gedung perkuliahan baru. Fokusnya masih di Malang, setelah itu baru ke Probolinggo,” kata Yogi, Minggu (24/11/2013).

Yogi menjelaskan membuka PJJ Kediri, Kasembon, dan nantinya Probolinggo karena UB ingin memberikan kemudahan akses pendidikan di di kawasan barat (MAtaraman) dan timur (tapal kuda) Jatim.

Saat ini, lanjutnya, UB merupakan kampus dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru (maba) terbanyak di Indonesia. Hal ini diartikan Yogi, UB telah menjadi kampus pilihan dan harus memberikan kemudahan akses bagi calon maba, terutama para maba di daerah Jatim.

“Nantinya, semua wilayah Jatim bagian barat dan timur akan ada UB. Jadi warga Jatim di wilayah-wilayah itu yang ingin kuliah di UB bisa masuk di sana sehingga lebih dekat dari tempat tinggalnya,” sambungnya.

Mengenai Yogi membeberkan kampus UB Probolinggo sebenarnya merupakan laboratorium perikanan air payau yang lahannya telah dimiliki UB sejak 1963. Lab ini pun memiliki tambak uji coba seluas 5 hektar.

Saat ini, tambak-tambak itu disewakan ke warga, sementara kondisi gedung laboratoriumnya sudah rusak parah. Yogi berencana membangun beberapa gedung tambahan.

Di Probolinggo ini, lanjut Yogi, fokus jurusan yang akan dibuka nanti terkait tentang perikanan dan ilmu kelautan. Sebab, selain letaknya tepat di pinggir pantai utara, masyarakat di sana kebanyakan pengusaha tambak.

“Mungkin akan ada juga jurusan lain. Tapi fokus utamanya itu perikanan agar sesuai dengan kondisi sosial di sana, sama seperti kampus Kediri dan Kasembon yang fokusnya pertanian,” paparnya.

Courtesy : Surya Online

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s