How to Fix Portable Hard Drive Problem


WD

Pernah mengalami hardisk portable tiba-tiba tidak bisa konek atau terkoneksi tapi data didalamnya tetap tidak bisa diakses oleh OS dengan berbagai pesan kesalahan (usb not recognize bla-bla-bla)…. menyebalkan ya

Apakah hardisk portable saya rusak? …….. mungkin

Kalau udah kayak gini apa yang harus dilakukan?

Yang dapat anda lakukan :

Pertama, lakukan kroscek….. jangan langsung vonis hardisk portablenya bermasalah bisa aja sebaliknya, OS yang dipake bermasalah.  Coba jalankan dikomputer/laptop lain, pada CPU pastikan kabel data (USB) terkoneksi langsung ke mainboard (port USB belakang) jangan lewat front panel (USB depan casing).  Bila tetap bermasalah, lanjutkan langkah kedua.

Kedua, Ganti kabel.. bisa pinjem punya teman

Ketiga, anda sudah sampai langkah ketiga dan hardisk portable masih belum bisa diakses. Berarti masalah berada pada portable hard drive, bisa pada hardisknya atau pada pcb konverternya.  Untuk melakukan pengecekan mesti membuka casing portable tersebut. Disini perlu diperhatikan membuka casing bisa membatalkan garansi (jika masih dalam masa garansi), ini berlaku bagi hardisk portable yang udah dibundle dengan casingnya seperti merk Seagate, Axioo, WDC dll.

Jika data lebih penting, persetan dengan garansi (he..he..) Kita mulai membuka casing, amati tipe casing.. lepaskan semua baut yang mengunci casing… casing build up (axioo, seagate, toshiba dll) biasanya tidak menggunakan baut, untuk tipe ini siapkan obeng minus tipis trus buka perlahan klip ditiap tepi casingnya perlahan.

(Hard drive portable Seagate)

(Hard drive portable Axioo )

Dalaman hard drive portable setelah dibuka.


(Komponen di dalam hard drive portable Seagate)

Keempat, Cek status/kondisi hardisk.  Sambungkan hardisk 2,5 inch ke CPU/komputer. Sebelumnya perhatikan dulu tipe hardisknya ATA atau S-ATA. Liat dari bentuk konektornya ^^

(Tipe Hardisk S-ATA dan ATA)

Umunya hardisk sekarang udah tipe S-ATA semua, jadi tinggal colok aja konektornya ke CPU (CPUnya support s-ata juga tentunya). Bagi yang tipe hardisknya ATA mesti mesti ditambah konverter IDE 2,5 inch ke 3,5 inch


(konverter IDE 2,5 inch to 3,5 inch)

(konverter terpasang di CPU)

Tipe hardisk udah dikenali, sekarang hidupkan komputer.  Cek apakah terbaca dibios.  Bila tidak terbaca kemungkinan hardisk rusak atau cek lagi kabel dan yang lainnya.  Apabila terbaca, coba booting ke OSnya.

Hardisk akan mengalami scandisk, ini normal. System berusaha memperbaiki kondisi hardisk (yg disebabkan croslink antar file) agar bisa diakses. Pengalaman penulis selama ini kebanyakan masalah hardisk external akibat crosslink pada partisi yang bersangkutan sehingga data tidak dapat diakses juga masalah badsector pada hard drive (biasa 4kb) tapi itu udah cukup membuat partisi tidak dapat dibaca.

Setelah OS diload sempurna, tinggal buka explorer dan hardisk 2,5 inch udah terbaca lagi. Matikan komputer, pasang hardisk ke dalam casingnya. Hard drive portable siap digunakan kembali (case close)  ^^

Kelima,  Kasus diatas dianggap selesai, tapi pada kasus lain ada hard drive portable tetap tak bisa diakses?

=> kabel  > OK
=> hardisk > OK
=> pcb konverter > ?

Kecurigaan diarahkan ke pcb konverter.

Pada kasus ini, menurut pemiliknya hardisk pernah jatuh. Kebetulan saat jatuh bagian konektor USB yang terlebih dahulu terbentur ke lantai, sehingga timah solder yang mengunci kaki konektor tersebut terlepas/bergeser. Solusinya cukup resoldering kembali komponen yang terlepas dan hard drive portable bisa digunakan kembali.

Variasi masalah mungkin akan beraneka ragam, gunakan logika untuk memutuskan

Courtesy : aripware-note.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s