8 Cara Memaksimalkan Akun LinkedIn


linkedinForProfessionals

LinkedIn adalah alat media sosial terbesar yang didedikasikan secara eksklusif untuk jaringan profesional berorientasi bisnis. LinkedIn juga merupakan alat paling bagus untuk mahasiswa dan para pencari kerja yang mencari dan mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan minat karir mereka. Berikut adalah beberapa cara untuk memaksimalkan akun Anda pada situs tersebut.

Gunakan foto profil profesional. Akan menyenangkan untuk bermain “Tebak siapa yang ada dalam potongan gambar ini?” Tapi jika Anda ingin dianggap lebih serius, Anda harus terlihat sebagai profesional. Menurut penelitian dari LinkedIn Recruiter, 40 persen pengguna lebih cenderung menggunakan sebuah profil yang ada gambarnya dibanding tidak. Gambar yang sukses adalah yang close up, jelas dan menampilkan sosok yang hangat yang kelihatannya cocok untuk ditempatkan di industri yang dia cari. Anda bisa mengambil foto setengah badan menggunakan smartphone atau kamera dan mengunggahnya untuk menjadi profil Anda, tapi ingat ukuran maksimumnya sebesar 4MB.

Pilihlah sebuah industri. Pilihan industri yang tepat membantu perusahaan menemukan Anda. Untuk membantu, situs seringnya akan memilihkan sebuah industri untuk Anda berdasarkan pada informasi lain yang Anda berikan. Cek dua kali industri yang ada dan pastikan sesuai dengan peran yang paling membuat Anda tertarik.

Cantumkan lokasi yang bagus. LinkedIn akan memilih sebuah lokasi berdasarkan pada data yang sudah Anda berikan. Namun, pastikan lokasi pada profil Anda menunjukkan tempat yang Anda inginkan untuk bekerja. Seringkali, saat kuliah, mungkin Anda tinggal di suatu tempat tapi mencari pekerjaan di daerah lain. Penggunaan lokasi yang bagus membantu para pencari tenaga kerja dan pihak yang mencari pegawai menemukan profil Anda.

Teliti pengaturan privasi Anda. LinkedIn memiliki banyak pengaturan yang memungkinkan Anda berbagi lebih atau kurang dengan koneksi langsung Anda dan juga publik. Apakah Anda ingin jaringan sosial Anda tau setiap kali Anda mengubah profil? Apakah Anda ingin kontak Anda bisa dilihat oleh semua orang yang mengunjungi profil Anda? Apakah Anda ingin berhenti menerima pesan tentang kesepakatan bisnis? Semua bentuk pengaturan ini bisa diubah di menu Privacy & Setting.

Lengkapi profil Anda. Koneksi LinkedIn berasal dari berbagai aktivitas dan pengalaman yang Anda masukkan dalam profil. Lebih banyak profil yang Anda kembangkan, lebih banyak akses yang bisa terkoneksi dengan para anggota LinkedIn dan jaringan mereka.

Periksa lagi profil Anda. Setelah melengkapi profil Anda, periksa kembali secara hati-hati barangkali ada kesalahan yang harus diperbaiki. Penulisan ejaan yang salah, penulisan huruf besar yang tidak benar, tata bahasa yang buruk dan istilah industri yang berlebihan sering menjebak profil di situs LinkedIn. Tulis deskripsi Riwayat atau Ringkasan dan Pengalaman (Summary and Experience) dengan kalimat yang jelas dan singkat. Anda bisa lebih banyak berbicara dalam sebuah resume, tapi pastikan Anda meyakinkan siapa Anda dan kenapa Anda layak untuk dihubungi.

Mengundang secara inklusif. Sejak LinkedIn tidak menjadi tempat untuk berbagi detail personal Anda pada akhir pekan atau foto-foto anak-anak Anda saat Halloween, sekarang Anda bisa membuat jaringan LinkedIn Anda lebih luas dari yang Anda lakukan di Facebook. Periksa kembali semua kegiatan Anda yang tercantum di atas dan pikirkan bahwa semua orang yang Anda tahu melalui pengalaman mereka. Jika Anda memiliki hubungan yang positif, Anda bisa menawarkan undangan atau invite pada akun mereka agar bisa terhubung. LinkedIn menggunakan prinsip “6 Degrees of Kevin Bacon” – sehingga lebih banyak orang kepada siapa Anda terhubung, maka lebih banyak derajat koneksi kedua dan ketiga yang bisa dilihat. Ada korelasi langsung antara kekuatan pencarian LinkedIn dan jumlah koneksi yang Anda miliki.

Berinteraksilah. LinkedIn menawarkan banyak cara untuk terlibat dan mendukung aktivitas yang lain. Update dukungan, rekomendasi dan liking memungkinkan Anda untuk mengakui berbagai usaha dan kemampuan dari konekasi Anda. Hubungan, baik melalui media sosial dan secara personal, sangat menguntungan ketika orang-orang menawarkan pertukaran dua arah. Jika Anda mengambil kesempatan untuk membantu orang lain, Anda akan menemukan bahwa mereka juga akan cenderung mendukung Anda dengan pengenalan atau dukungan ketika Anda membutuhkan bantuan.

Jutaan pengguna memiliki profil LinkedIn, tapi sedikit yang bisa mengambil keuntungan dari semua jaringan yang ditawarkan. Jika Anda menghabiskan waktu untuk membuat profil yang lengkap dan profesional, Anda meningkatkan peluang untuk menemukan apa yang Anda butuhkan dan peluang bagi orang lain untuk menemukan Anda.

Courtesy : Yahoo News

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s