5 Bahaya Kesehatan Akibat Kelamaan Duduk


akibat-duduk-lama-di-depan-komputer

Sebagian besar orang terbiasa untuk duduk berjam-jam, baik di tempat kerja maupun di sekolah. Meski terlihat biasa, terlalu lama duduk ternyata bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. terlalu lama duduk Kebiasaan duduk – Ist Menghabiskan waktu bersantai dengan duduk berjam-jam sambil menonton televisi memang terasa menyenangkan. Namun tanpa Anda sadari, kebiasaan tersebut secara perlahan akan mengganggu kesehatan tubuh.

Jika Anda terbiasa duduk 8 hingga 10 jam dalam posisi yang sama, Anda sebaiknya waspada. Berikut beberapa bahaya kesehatan akibat kelamaan duduk, seperti dilansir Boldsky:

1. Nyeri punggung

Terlalu lama duduk akan menimbulkan nyeri punggung di bagian bawah atau sakit tulang belakang secara keseluruhan. Terlalu lama duduk dalam posisi yang sama akan membuat otot punggung menjadi kaku, sehingga punggung terasa sakit.

2. Peradangan pada sendi belakang

Terlalu lama duduk bisa memicu terjadinya peradangan pada sendi tulang belakang. Akibatnya Anda akan merasa nyeri pada bagian leher. Kondisi ini akan semakin parah jika kebiasaan terlalu lama duduk itu tidak diubah.

3. Risiko terkena diabetes

Perempuan yang duduk sampai 7 jam sehari mempunyai risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk, maka akan semakin besar risiko terkena diabetes. penyakit jantung Serangan jantung.

4. Mengganggu sistem metabolisme

Duduk berjam-jam bisa mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan penurunan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Jika terus dibiarkan, maka akan menimbulkan masalah kesehatan secara keseluruhan.

5. Memperpendek usia

Semakin lama duduk, semakin pendek usia Anda. Kelamaan duduk akan mengakibatkan lemak darah dan kadar kolesterol menjadi tinggi. Kondisi ini akan meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung dan penyakit fatal lainnya.

Selain kelima dampak tersebut, penelitian juga menyebutkan bahwa terlalu lama duduk bisa merusak ginjal. Perempuan yang duduk lebih dari 8 jam setiap harinya, berisiko besar terkena penyakit ginjal. Untuk itu Anda disarankan melakukan aktivitas fisik secara rutin, misalnya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Cobalah untuk mengurangi periode duduk agar tidak melebihi 8 jam per hari.

Courtesy : Ciricara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s