7 Penyebab Trafik Pengunjung Blog Menurun


internet

Sebenarnya yang membuat trafik blog turun banyak sekali, namun ada beberapa penyebab utama yang sering terjadi dan yang jarang terjadi. Sedangkan tanda-tanda trafik blog kita turun bisa dilihat dari statistik blogger, google analytics, histats, dan sebagainya.

Atau bisa juga kita lihat di SERP bagaimana performance blog kita di mesin pencari. Dengan menuliskan judul blog di google search, biasanya sitelink tampil tertata dengan normal antara judul blog beserta link-link tertautnya. Namun jika trafik blog turun maka sitelink tampil beda dengan hanya dua biji link tertaut saja yang menemani judul blog.

Berdasarkan pengalaman blogger, penyebab trafik visitor blog turun adalah :

1. Mengganti tempate baru. Hal ini jelas trafik akan hilang dalam waktu lama. Karena search engine yang tadinya sudah hafal dengan blog kita akan kembali merangkak dari awal untuk mengindeks blog kita. Biasanya memakan waktu sebulan trafik blog kita akan pulih kembali seperti semula. Namun hal ini jarang terjadi karena mengganti template tidak sering.

2. Artikel kita dicopas secara utuh oleh blog lain yang bertrafik tinggi atau berposisi kuat di SERP. Hal ini membuat trafik blog kita akan turun dengan pasti. Lebih-lebih mereka tidak mencantumkan link aktif sumbernya. Ini yang paling konyol. Nulis satu artikel memakan waktu berhari-hari tapi dicopot seenaknya tanpa mencantumkan link aktif pemilik karya. Hal ini lumayan sering terjadi. Sebaiknya hargailah jerih payah sesama blogger dengan mencantumkan link aktif sumbernya sebagai apresiasi dari karya yang diambilnya.

3. Menyematkan script terlalu banyak di sumber HTML template. Hal ini membuat trafik blog kita turun karena search engine yang tadinya sudah hafal dengan blog kita akan kembali mempelajari bahasa pemrograman tambahan baru pada blog kita. Diperlukan waktu beberapa hari agar trafik kembali normal. Hal ini lumayan sering terjadi.

4. Update artikel dalam jumlah banyak secara bertubi-tubi dalam waktu singkat (jika menggunakan blogger biasanya blog akan terkunci secara otomatis). Hal ini akan membuat trafik blog kita macet. Tidak naik tidak turun, tapi lebih condong turun. Kaya artikel tapi pengunjungnya tetap segitu saja setiap harinya. Apalagi artikel copasan 😀 . Update artikel yang baik adalah sehari 1-5 artikel segar/orisinil secara rutin. Artikel apapun jika itu orisinil maka postingan akan kuat di SERP.

5. Malas update. Ini sering terjadi. Tidak pernah update artikel jangan berharap visitor blog naik. Tapi kalau mengharap visitor blog turun boleh :-). mendingan tidur aja.

6. Search engine sedang update algoritmanya. Ini jarang terjadi. Tapi trafik blog kita akan turun pada saat-saat seperti ini, namun jangan khawatir karena banyak yang menemani. Blog-blog lain juga turun trafik.

7. Situs terkena sandbox atau hukuman dari mesin pencari. Hal ini macam-macam jenis dan penyebabnya. Biasanya sering terjadi pada blog-blog yang terlalu SEO (memanipulasi search engine). Intinya blog tersebut melanggar pedoman kualitas webmaster atau kebijakan mesin pencari sehingga diusir jauh dari SERP. Pertama trafik blog akan macet kemudian turun dan hilang sampai hukuman dari mesin pencari dicabut. Entah berapa bulan lamanya. Selama dipenjara biasanya blog hanya dijatah dengan jumlah visitor yang tetap.

Sekian saja informasi yang menyebabkan trafik/visitor/pengunjung blog atau website turun dan tidak naik. Semoga bermanfaat. Jika ingin menambahkan silakan ditulis dikolom komentar. Terima kasih.

Courtesy : Juragan Cipir

Advertisements

2 thoughts on “7 Penyebab Trafik Pengunjung Blog Menurun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s