5 Makanan Ini Bisa Mencegah Stres


stres

Stres nampaknya seringkali dirasakan oleh sebagian besar orang. Stres yang dialami bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pekerjaan yang menumpuk, macet di jalan, tak memiliki uang, dan lain sebagainya. Saat mengalami stres biasanya nafsu makan orang akan meningkat dan melampiaskannya dengan mengonsumsi makanan manis.

Padahal, hal tersbeut sebaiknya tak dilakukan karena bisa menaikkan kadar gula darah. Ketahuilah bahwa saat stres sebaiknya Anda tetap mengonsumsi makanan sehat. Dilansir dari Dr Drew Ramsay, penulis buku The Happiness Diet mengatakan bahwa makanan bisa mempengaruhi kekuatan otak agar bisa tetap sehat.

Oleh karena itu, cobalah mengonsumsi makanan yang sehat agar Anda tak mengalami stres. Makanan apa saja yang bisa mencegah stres? Berikut makanan pencegah stres:

1. Bayam

Makan siang dengan menu bayam baik untuk otak Anda karena bvisa memberikan vitamin B folat. Konsentrasi folat yang lebih tinggi dalam darah akan terkait dengan penurunan suasana negatif dalam tubuh.

2. Karbohidrat

Melakukan aktifitas sepanjang hari membuat tubuh rentan terserang penyakit. Para peneliti menemukan bahwa jam 4 adalah puncak penurunan mood seseorang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mengonsumsi camilan dengan kandungan karbohidrat sekitar 25-30 gram di sela aktivitas.

3. Asam lemak omega

Mengonsumsi makanan laut yang mengandung asam lemak omega-3 bisa menurunkan emosi dan gangguan emosi lainnya, Jika Anda tak suka dengan ingan, maka ganti dengan daging sapi, ayam, alpukat, dan kacang-kacangan. Sebisa mungkin, konsumsi makanan tersebut setiap hari untuk mencegah stres.

4. Makanan yang memakai kunyit

Kandungan dalam kunyit yaitu curcumin mengandung antidepresan alami yang terbukti melindungi neuron otak dari stres kronis. Untuk menambah kekuatan curcumin, Anda bisa menambahkan lada hitam pada menu masakan. Lada hitam bisa membuat efek antidepresan lebih lama.

5. Tryptophan

Senyawa tryptophan dalam makanan bisa membatu seseorang merilekskan tubuh setelah makan. Senyawa ini bisa Anda temukan pada makanan, seperti daging unggas, telur, dan kacang-kacangan.

Itulah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah stres. Selain makanan tersebut, ternyata meminum kopi juga bisa mengobati depresi seseorang. Namun, Dr Ramsey mengingatkan bahwa efek kopi berbeda pada setiap orang.

Courtesy : Ciricara

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s