Dipatenkan, iPhone Bakal Gunakan Sensor Wajah ?


hero_iphone4-5_wide_01

Apple Inc. terus melakukan inovasi. Seakan tak mau kalah dari pesaingnya, Apple buru-buru mendaftarkan sebuah paten teknologi yang menggunakan sensor wajah. Perusahaan yang berpusat di Sillicon Valley ini menyebut paten teknologi di masa depan sebagai “kontrol perangkat komputasi pribadi menggunakan deteksi wajah dan pengenalan”.

Apple tampaknya berniat menggunakan teknologi ini untuk produk iPhone di masa depan. Sebab, paten teknologi ini akan menjadikan wajah bertindak sebagai kata sandi untuk beberapa fitur seperti panggilan telepon, menerima e-mail, maupun aktivitas ponsel lainnya. Tak hanya itu, tingkat keamanan produk ponsel pintar Apple juga akan lebih aman.

Sensor pengenalan wajah ini bekerja untuk mendeteksi wajah pemiliknya. Dimulai dengan memindai wajah pengguna untuk merekam semua fitur yang unik, seperti tekstur, warna, ukuran, dan bentuk. Pengguna juga bisa menjalankan proses yang sama untuk orang lain yang diizinkan untuk menggunakan iPhone miliknya.

Untuk panggilan masuk, ponsel akan memindai wajah Anda untuk memastikan apakah cocok dengan yang terekam. Dengan kata lain, mencocokkan apakah penerima panggilan adalah pengguna yang berwenang dan sesuai dengan sensor wajah. Jika cocok, Anda bisa menerima panggilan masuk dan ponsel akan menampilkan layar panggilan masuk seperti biasa. Jika tidak, ponsel akan tetap dalam mode terkunci dan hanya terdengar nada deringnya saja.

Keamanan yang sama juga berlaku untuk e-mail yang masuk. Ketika pengguna menatap wajahnya di layar iPhone, ponsel akan mendeteksi dan menampilkan e-mail. Sensor wajah ini bisa digunakan untuk menyembunyikan atau memblokir pesan terbaru.

“Teknologi ini kemungkinan besar akan digunakan oleh Apple pada perangkat ponselnya. Namun, Apple juga berpikir akan menggunakannya pada perangkat lain, termasuk pada televisi, PDA, dan komputer,” demikian yang tertulis pada laman CBS News yang mengutip Apple Insider, Rabu, 4 Desember 2013.

Meski paten telah disetujui, bukan berarti teknologi ini akan segera menjadi kenyataan. Sebelumnya Apple telah selangkah lebih maju dengan evolusi sandi dengan memperkenalkan sensor sidik jari pada perangkat iPhone 5S. Sensor pengenalan wajah sebelumnya sudah lebih dulu digunakan pada produk lain, seperti Kinect Microsoft dan Playstation Sony.

Courtesy : Tempo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s