Andai Nokia Pakai Android


Nokia and

Siapa sangka Nokia yang dulu adalah raja ponsel dunia yang dipuja, kini mengalami nasib buruk. Kewalahan bersaing di pasar ponsel, Nokia telah diakuisisi Microsoft senilai USD 7,1 miliar.

Ya, kejayaan Nokia sudah cukup lama berakhir. Beberapa pihak menilai, Nokia tidak seharusnya mengandalkan sistem operasi Windows Phone, melainkan Android. Status Android sebagai OS terpopuler dunia mungkin akan menolong Nokia. Menarik dibahas, apa yang kira-kira terjadi seandainya Nokia memakai Android? Seperti dihimpun dari berbagai sumber, berikut kemungkinannya.

1. Dominasi Samsung Terancam

https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2013/09/16/317/105500_2.jpg

Samsung seolah tanpa lawan di jagat Android. Sejak meluncurkan seri Galaxy S di tahun 2010, vendor asal Korea Selatan ini tak terbendung menjadi produsen smartphone terbesar di dunia.

Jika ada lawan yang paling potensial untuk menjegal Samsung di jagat Android, barangkali dia adalah Nokia. Sebelum Samsung berkuasa, Nokia menguasai pasar ponsel selama 14 tahun.

Banyak orang yang sejatinya fanatik dengan merek Nokia. Namun ketika mereka memutuskan mengadopsi Windows Phone yang terdengar asing, cukup lumayan juga yang akhirnya memutuskan untuk beralih.

Tidak sedikit yang menganggap, seandainya saja Nokia mau mengadopsi Android, mereka bisa menghadirkan tantangan yang kuat untuk Samsung.

2. Kustomisasi Android Khas Nokia

https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2013/09/16/317/105629_6.jpg

Hampir semua vendor yang mengadopsi Android melakukan kustomisasi tampilan. Tujuannya tentu saja untuk membedakannya dengan produk sejenis dari pesaing.

Nah, jika saja Nokia mengadopsi Android, sepertinya mereka akan mengambil langkah serupa. Dan kustomisasi Android ala Nokia sangat mungkin menarik perhatian. Terlebih, Nokia kuat dalam beberapa bidang software. Aplikasi peta mereka misalnya, terbilang superior. Nokia juga berpengalaman mendesain software sendiri. Sehingga kustomisasi yang mereka lakukan untuk Android bisa menjadi keunggulan tersendiri.

3. Android Nokia Punya Kamera Superior

https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2013/09/16/317/105730_3.jpg

Nokia cukup giat mengembangkan teknologi kamera ponsel. Bahkan ketika masih memakai sistem operasi Symbian, kamera ponsel Nokia punya keunggulan. Misalnya Nokia N8 yang dibekali kamera 12 megapixel. Kebiasaan itu berlanjut sampai Nokia PureView 808 yang memiliki kamera resolusi 41 megapixel.

Bayangkan jika Nokia memproduksi ponsel Android dan memasukkan teknologi kamera yang dimilikinya. Tentu akan menjadi produk ponsel yang handal dalam sektor fotografi. Keunggulan kamera tersebut juga bisa menjadi diferensiasi. Sehingga Android besutan Nokia berpotensi besar dapat laku di pasaran.

4. Desain yang Menarik

https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2013/09/16/317/105820_4.jpg

Nokia terkenal cukup handal dalam soal desain ponsel. Mereka tampak sungguh sungguh dalam hal desain, bahkan di ponsel murah sekalipun. Tengok saja deretan ponsel jadul besutan Nokia. Banyak yang memiliki desain unik namun menarik, lain daripada yang lain.

Desain Windows Phone Nokia pun lumayan bagus. Tidak terlihat murahan dan materialnya pun berkualitas. Keahlian Nokia di bidang desain ini mungkin akan membuat ponsel Android besutannya punya sisi lebih dalam penampilan.

5. Nokia Tidak akan Terpuruk

https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2013/09/16/317/105855_5.jpg

Seandainya saja Nokia mengadopsi Android, mereka mungkin tidak akan terpuruk seperti sekarang. Malah mungkin saja mereka mampu bersaing sebagai produsen smartphone papan atas. Ponsel Android besutan Nokia, seperti disebutkan di atas, akan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kompetitor.

Perpaduan antara software menarik, kamera superior dan desain yang bagus, bisa menjadi kartu As Nokia untuk menjadi pemain Android yang disegani. Sayangnya, Nokia memakai Android masih dalam imajinasi, meskipun mereka dikabarkan sempat mengujicoba handset robot hijau. Setidaknya sampai saat ini, mereka dipastikan setia pada Windows Phone di bawah komando Microsoft.

Courtesy : Inet Detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s