Wartawan di Jerman Dianjurkan Tak Pakai Google dan Yahoo


An illustration picture shows logos of Google and Yahoo connected with LAN cables in Berlin

Menarik apa yang terjadi di Jerman, disana serikat pekerja yang menaungi profesi jurnalis atau wartawan menyarankan anggotanya Kamis (31/10) tidak dulu menggunakan mesin pencari Google dan Yahoo karena diindikasikan ada operasi intelejen AS dan Inggris.

Inilah bunyi pernyataan dari juru bicara serikat mewakili 38.000 wartawan, Michael Konken, ” The German Federation of Journalists menganjurkan wartawan untuk menghindari sampai pemberitahuan lebih lanjut penggunaan mesin pencari dan layanan email dari Google dan Yahoo dalam komunikasi data digital.” Semuanya bermula saat muncul skandal kecurangan pencurian lalu lintas data yang dilakukan U.S. National Security Agency (NSA) and Britain’s GCHQ.

Sebelumnya santer diberitakan jika NSA menyadap langsung ke link komunikasi Google dan Yahoo untuk memindahkan sejumlah besar email dan informasi pengguna pada pusat data di luar negeri, disebutkan juga program join operasi bersama dengan GCHQ.

Pemerintah Jerman bahkan minggu lalu cukup meradang dan mengatakan memiliki bukti bahwa ponsel Kanselir Angela Merkel telah dipantau oleh intelijen AS, padahal negara ini tergolong memiliki salah satu undang-undang privasi paling ketat di dunia, dilansir oleh Reuters.

Deutsche Telekom juga menyatakan keinginan mereka bersatu ke perusahaan Jerman, United Internet, untuk bekerja sama melindungi lalu lintas internet lokal dari intrusi dan intervensi badan intelijen asing melalui wacana program bertajuk,“ E-mail made in Germany” untuk melindungi lalu-lintas email client, yang dimulai pada bulan Agustus lalu.

Courtesy : Tabloid Pulsa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s