Ingin Video YouTube Anda Ditonton Jutaan Orang? Ini Caranya!


youtube

Situs video sharing, YouTube telah berkomitmen untuk menginvestasikan dana sebesar 100 juta dollar AS untuk membangun 96 video channel baru dan telah merekrut bakat-bakat top dari Hollywood untuk memproduksi konten.

Namun, pencarian bakat Google ini masih belum selesai. Google masih mencari bakat-bakat potensial lainnya. Siapkan diri Anda menjadi pembuat video yang andal, siapa tahu Google mau merekrut Anda.

Berikut ini adalah tips bagaimana membuat sesuatu yang “besar” di YouTube.

Subscriber, subscriber, subscriber
Perubahan desain YouTube mengindikasikan bahwa satu video lama Anda yang banyak dilihat belum tentu menjadi tiket Anda menjadi bintang saat ini. Video “Evolution of Dance” yang menjadi klip yang paling banyak dilihat pada masanya, ternyata tidak  relevan dalam dimensi baru YouTube.

Berikut adalah video Evolution of Dance yang telah dilihat 239 juta kali.

Saat ini, yang Anda butuhkan adalah “subscriber”. Subscriber adalah audiens yang akan mengetahui setiap kali Anda mem-posting video, yang otomatis akan dimasukkan dalam “Views”.

Pendiri Maker Studio, Danny Zapping mengatakan banyak video yang langsung memperoleh banyak “Views” di minggu pertama setelah di-posting, karena “subscriber” telah menunggu.

Buat video yang berkualitas
Video berkualitas tinggi akan lebih diterima publik. Itulah mengapa Peter “Nice Peter” Shukoff menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk membuat beberapa episode “Epic Rap Battles of History” sebelum dipublikasikan.

Shukoff dan rekannya, Lyoyd “Epic Llyod” Ahlquist membuat video yang menampilkan tokoh-tokoh bersejarah seperti Benjamin Franklin, Shakespeare, dan Genghis Kahnn.

Ia membuat musik rap yang membuat ketiganya seperti sedang berdebat, mencaci maki satu sama lain namun menggunakan lirik yang ilmiah. Dua kreator ini menggunakan contoh nada dari seluruh dunia yang dikombinasikan dengan lirik rap dan mind-blogging yang presisi.

Berikut adalah video hip hop battle antara Albert Einstein dan Stephen Hawking yang telah dilihat lebih dari 76 juta kali.

Apakah Anda tahu apa yang diperdebatkan pada sesi pertama dari pertarungan Albert Einstein dan Stephen Hawking? Mereka mendebatkan soal partikel teoritis multi-dimensi dalam dunia Fisika. Shukoff tahu referensi ini akan menggelitik penonton dan ia berhasil melakukannya.

“Jika Anda memiliki aundiens yang besar, akan ada banyak orang dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda,” jelasnya.

Perhatikan waktu rilis
Banyak operator channel YouTube mem-posting video bersamaan dengan jadwal seri episode dalam acara reguler televisi. Ray William Johnson memasukkan video baru setiap Rabu dan Jumat. Jika ia tidak memasukkan video di hari itu, maka audiens akan menunggunya.

Pembuat Zappin tersebut juga tidak merekomendasikan meng-upload video baru di larut malam atau awal pagi. Sebagian besar pengakses YouTube adalah usia pelajar. “Jika Anda meng-upload terlalu pagi, banyak pelajar yang masih di sekolah, sehingga mereka mungkin tidak melihatnya,” ujar Johnson.

Courtesy : KOMPAS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s