Ini Wajah Pesaing Android Buatan Samsung


Samsung

Perlahan tetapi pasti, bentuk sistem operasi mobile Tizen besutan Samsung mulai jelas. Tizen adalah OS yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing Android, setidaknya dari kubu Samsung sendiri. Samsung memang memperoleh kejayaan besar dengan memproduksi perangkat Android semacam keluarga smartphone Galaxy S, tetapi pabrikan Korea itu tak mau terlalu tergantung dengan platform besutan Google tersebut.

Alhasil, Samsung berusaha mengembangkan OS buatan sendiri (Tizen) yang diharapkan bakal menjadi platform besar, berdampingan dengan iOS, Android, dan Windows Phone. Meski namanya sudah banyak disebut, selama ini “bentuk” Tizen masih belum diketahui pasti. Nah, sekarang informasi mengenai hal tersebut telah mulai terkuak.

Mengutip dari SamMobile, BGR melaporkan bahwa sejumlah screenshot Tizen telah ditemukan di dalam database layanan informasi properti intelektual Korea Selatan. Seperti bisa dilihat pada gambar-gambar screenshot di bawah, antarmuka OS ini ternyata tampil beda dari UI TouchWiz yang biasa diterapkan Samsung pada smartphone Android miliknya.

Kendati demikian, ada juga kemiripan antarmuka di antara kedua platform besutan Samsung tersebut. “(Kemiripan) terutama bisa ditemukan di icon notification bar. Beberapa fitur TouchWiz seperti Driving Mode dan S-Beam juga terlihat,” tulis SamMobile.

Tizen dikabarkan bakal terus dipoles sebelum diperkenalkan secara resmi. Mengenai tanggal pasti kemunculannya, beredar informasi bahwa Samsung bakal mengumumkan OS tersebut pada Februari mendatang di ajang Mobile World Congress 2014.

Screenshot sistem operasi mobile Tizen

Screenshot sistem operasi mobile Tizen
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s