Pantai Jumiang, Objek Wisata yang Berpotensi


pantai_jumiang

Pamekasan. Kota yang juga dikenal kota batik ternyata juga memiliki pantai. Memang, Madura adalah kepulauan yang dikelilingi oleh pantai. Terdapat beberapa pantai yang indah tidak kalah dari pantai Kuta di Bali. Contohnya adalah pantai Lombang di Sumenep. Pantai ini merupakan pantai satu-satunya di dunia yang ditumbuhi cemara udang di sekeliling pantai. Pamekasan juga punya pantai. Jelas, karena batas utara dan batas selatan kabupaten ini adalah laut. Di sisi selatan berbatasan langsung dengan selat Madura dan di sisi utara berbatasan langsung dengan birunya laut Jawa.

Pantai Jumiang adalah salah satunya. Pantai ini terletak di sisi selatan kabupaten Pamekasan. Untuk menuju ke lokasi, kita harus menuju ke arah tenggara kota Pamekasan. Perjalanan menuju pantai ini akan disuguhkan pemandangan khas pedalaman Madura. Bahkan kita akan melewati tambak garam yang juga sebagai latar syuting film Mestakung yang dibintangi Lukman Sardi, Revalina S. Temat, dan beberapa bintang film terkenal.

Pantai ini mempunyai pasir putih. Pemandangan langsung ke selat Madura. Ombaknya tidak terlalu besar, tetapi deburan ombaknya pasti menentramkan hati dan pikiran. Salah satu sisi yang menjorok ke laut mengingatkan kita pada pantai Kuta yang bersebelahan dengan jalur pesawat yang akan mendarat ke bandara Ngurah Rai. Hal ini juga bisa terjadi di Pamekasan. Bandara Trunojoyo di Sumenep tidak terlalu jauh, hanya satu jam perjalanan. Pantai Jumiang bisa menjadi alternatif keluarga bersantai menikmati sunset dan sunrise yang sama-sama bisa dinikmati dari pantai ini.

Pantai ini sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu obyek wisata di Pamekasan. Di bibir pantai sudah ada beberapa gazebo yang bisa dipakai pengunjung beristirahat. Jalan akses diperbaiki, disertai pengelolaan yang berkesinambungan, ditambah promosi pariwisata kota akan menjadikan pantai Jumiang ini menjadi salah satu tempat yang bisa menarik wisatawan untuk hadir menikmati begitu beragamnya pariwisata di Madura.

Courtesy : Plat-M

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s