Banjir Malware, Google Awasi Aplikasi di Android Market


android

Banyaknya aplikasi berbahaya yang “menunggangi” aplikasi Android membuat Google menambahkan proses scanning untuk menemukan aplikasi berbahaya di Android Market. Layanan terbaru yang bernama “Bouncer” ini bertugas menemukan malware, spyware, dan trojan, serta bisa mengenali perilaku aplikasi yang mencurigakan.

“Sistem akan di-upload dan berjalan di cloud dan memonitor apa yang dilakukan aplikasi dalam lingkungan virtual,” ujar Hiroshi Lockeimer, Vice President of Engineering dari tim Android saat wawancara dengan CNet.com.

Semua aplikasi yang berjalan di infrastruktur cloud Google dan yang akan ter-install di perangkat Android, akan dianalisis oleh tim Android. Jika kode berbahaya atau perilaku yang mencurigakan terdeteksi, aplikasi akan ditandai untuk konfirmasi manual untuk menunjukkan status dari aplikasi. Jika terbukti berbahaya, aplikasi akan diblok atau dihapus dengan cepat dari Android Market.

Google memang memiliki skema yang berbeda dengan Apple untuk toko aplikasi. Apple melakukan pemeriksaan awal untuk semua aplikasi sebelum dimasukkan ke iTunes. Sedangkan Google tidak melakukan pengecekan awal untuk semua aplikasi yang masuk ke Android Market. Sehingga, Google harus selalu mengawasi semua aplikasi yang masuk ke toko aplikasinya dan melakukan scanning secara berkala.

Bukan karena klaim perusahaan antivirus

Sebelum Google mengumumkan bahwa perusahaan akan melakukan scanning secara berkala, dua perusahaan antivirus sudah menemukan bahwa aplikasi di Android Market mengandung malware.

Namun Google membantah keputusan untuk scanning ini akibat klaim tersebut.

Google secara diam-diam telah melakukan pengujian “Bouncer”. Tahap pertama dan kedua sudah dilakukan sepanjang tahun 2011.

Google menemukan penurunan jumlah download aplikasi berbahaya sebanyak 40 persen setelah sistem scan diberlakukan.

Namun Google tidak bersedia menyebut berapa banyak aplikasi yang diblokir atau dihapus setelah proses scanning.

Courtesy : KOMPAS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s