Dikti Danai 331 PKM Universitas Brawijaya


Universitas Brawijaya meluluskan 331 proposal PKM untuk didanai Ditjen Dikti Kemendikbud. (Foto: UB)

Universitas Brawijaya meluluskan 331 proposal PKM untuk didanai Ditjen Dikti Kemendikbud. (Foto: UB)

JAKARTA – Tahun ini, 331 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) karya mahasiswa Universtitas Brawijaya (UB) Malang lolos seleksi. Mereka akan mendapatkan dana dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Meski merasa senang atas hasil tersebut, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan H R B Ainnurasjid berpesan agar masing-masing kelompok mempersiapkan diri untuk bisa masuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2014. Persiapan ini dilakukan mulai dari penyusunan laporan hingga proses monitoring dan evaluasi.

“Kita harus bisa memenuhi kriteria Pimnas. Harus serius menyusun laporan, persiapan monitoring dan evaluasi, serta tanya jawab. Proses monitoring dan evaluasi menentukan keberhasilan proposal untuk menuju Pimnas,” kata Ainnunrasjid, seperti dinukil dari laman resmi UB Prasetya Online, Sabtu (22/2/2014).

Senada dengan Ainnunrasjid, Staf Ahli PR III Bidang Penalaran Imam Santoso menekankan keberhasilan proposal yang sudah didanai sebagai langkah awal untuk menuju Pimnas. Dia juga berpesan kepada para dosen pembimbing untuk mencari karakter dan mencermati keunggulan proposal yang sudah didanai.

Fakultas Teknologi Pertanian meraih pendanaan terbanyak dnegan 56 proposal, disusul oleh Fakultas Kedokteran (53 proposal), dan Fakultas Teknik (50 proposal). Kemudian, Fakultas Matematika dan IPA (25 proposal), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (26 proposal), serta Fakultas Peternakan (24 proposal).

Sementara itu, Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer meloloskan 13 Proposal, Fakultas Ilmu Administrasi 13 proposal, UB IV 12 proposal, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik enam proposal, serta Fakultas Hukum dan Vokasi masing-masing dua proposal.

Pada 2014, kategori PKM terbanyak yang diikuti oleh mahasiswa adalah Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian sebanyak 121 proposal, disusul Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan sebanyak 102 proposal. Peringkat ketiga dan keempat dihuni oleh Program Kreativitas Mahasiswa -Karya Cipta dengan 56 proposal dan Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat sebanyak 36 proposal.

Courtesy : Okezone Kampus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s