Jangan Nomorduakan, Salah Satu Strategi Lolos SNMPTN UB


Sosialisasi SNMPTN UB di Kediri
Sosialisasi SNMPTN UB di Kediri

Kepala Bagian Akademik Universitas Brawijaya (UB) Drs. Agus Yuliawan berpesan, salah satu strategi agar lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jangan nomorduakan UB. Dari pengalaman mengurusi SNMPTN, ia mengamati bahwa mayoritas mahasiswa yang lolos seleksi ini menjadikan UB sebagai pilihan pertamanya. “Mereka yang memilih UB sebagai pilihan pertama akan menjadi prioritas dalam seleksi daripada pilihan kedua,” kata Agus. Dari pilihan pertama saja, menurutnya kompetisi sudah sangat ketat sehingga kuota 50% SNMPTN sudah bisa terpenuhi. Hanya saja pada program studi tertentu yang sepi peminat, kata Agus, pilihan kedua bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kuota.

Agus Yuliawan menyampaikan hal ini dihadapan sekitar 200 Kepala Sekolah dan guru Bimbingan Karier (BK) di Jawa Timur. Mereka berasal dari beberapa kota seperti Mojokerto, Jombang, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Blitar, Nganjuk. Sosialisasi tentang SNMPTN, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Jalur Masuk UB dilakukan Kamis (20/2) di gedung Bagawanta Bahari Kediri.

Selain strategi tersebut, Agus juga menyarankan agar guru BK melakukan pemeringkatan dan pemetaan terhadap pilihan semua siswanya. Pasalnya, daya tampung untuk satu program studi pada satu sekolah hanya satu siswa. Dengan sistem pemerataan, maka peluang sekolah untuk meloloskan siswanya kian besar. Hal ini karena dalam SNMPTN kompetisi bukan hanya pada siswanya melainkan juga pada sekolahnya, dengan beberapa parameter seperti indeks sekolah dan track record alumninya selama 3 semester awal  di UB.

Selain SNMPTN, masih ada beberapa jalur lagi yang bisa diikuti siswa yang juga dipresentasikan dalam kesempatan tersebut seperti SBMPTN (kuota 30%) dan jalur mandiri (kuota 20%). Termasuk juga seleksi untuk masuk ke UB kampus Kediri yang nampak diminati siswa di kawasan tersebut. Hadir dalam sosialisasi ini, Pembantu Dekan I UB kampus Kediri Dr. Agus Suryono. Selain melalui seleksi, UB juga memberi tiket masuk tanpa tes untuk siswa melalui beberapa kompetisi seperti band, Duta Brawijaya dan MTQ. Melalui jalur kompetisi yang diselenggarakan UB, pemenang bisa memilih berbagai program studi yang ada kecuali Pendidikan Dokter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s