6 Jurus Sukses Berbisnis ala Alumni ITS


Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Butuh kerja keras dan kemauan untuk terus bangkit meski kegagalan terus menghantui. Banyak makan asam garam dalam berbisnis, alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Heri Wibowo pun berbagi pengalamannya kepada para mahasiswa.

Heri menjalani masa kuliah selama 7,5 tahun dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 2,03 ketika lulus. Keinginannya menjadi seorang pengusaha membuat Heri gigih mencoba berbagai usaha ketika menjadi mahasiswa. Saat kuliah, dia gagal berbisnis hingga 10 kali. Bahkan, Heri memiliki utang sebesar Rp750 juta saat usia 22 tahun.

Dalam Seminar Mapping Life Entrepreneurship bertajuk Tentukan Mimpimu Raih Tujuanmu tersebut, Heri menceritakan detail perjalanan bisnisnya. Dimulai sejak 1994, Heri bercerita kepada para peserta alasannya memilih jalan bisnis yang kala itu ”sepi” dan membuatnya berjuang sendirian.

Heri mengaku, ada enam penyebab kegagalan yang seringkali dialami oleh pebisnis. ”Penyebab kegagalan pertama, perusak nomor satu dalam berbisnis, dan paling banyak terjadi adalah technical success,” ujar Heri, seperti disitat dari ITS Online, Senin (3/3/2014).

Pemilik perusahaan properti nasional tersebut menjelaskan, maksud dari technical success adalah membangun bisnis berdasarkan dengan kemampuan teknis yang dimiliki.

”Misalkan, kalau kalian arsitek jangan bangun bisnis properti, nanti kalian akan tetap sibuk dengan permintaan klien untuk  menggambar bangunan. Kalau misal kalian dokter, jangan bangun rumah sakit, kalian sibuk operasi pasien. Lalu siapa yang ngurus bisnisnya?” selorohnya.

Penyebab selanjutnya adalah tidak memiliki mentor atau coach. Dalam menjalani bisnis, lanjutnya, seharusnya ada arahan dari orang yang lebih berpengalaman agar bisnis kita terjaga. Sehingga bisa berkonsultasi ketika ada masalah yang dialami selama berbisnis.

Yang ketiga adalah no business skill. Banyak orang yang mempunyai keahlian khusus, namun tidak memiliki kemampuan accounting, marketing, atau negosiasi. Mereka hanya akan tetap berjalan secara profesional akan sulit menjalankan bisnis.

Namun, kemampuan tersebut tetap bisa diasah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan bisnis. ”Tapi biasanya mahal, kalau mahasiswa bisa mulai dengan membaca majalah-majalah atau buku-buku bisnis,” saran Heri.

Penyebab lainnya ialah kecepatan, ketiadaan kontrol, terobsesi dengan produk, dan yang terakhir tidak siap berubah. Ketiga faktor tersebut, lanjutnya, saling berhubungan.

Menurut Heri, perkembangan cepat bisnis yang kita miliki tanpa kendali yang bagus itu bisa menjerembabkan sang pebisnis hingga bangkrut. ”Karena kita kadung jatuh cinta dengan bisnis yang kita miliki. Akhirnya terlalu terobsesi dan tidak siap berubah,” tutur pria asal kota Tulungagung itu.

Advertisements

2 thoughts on “6 Jurus Sukses Berbisnis ala Alumni ITS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s