Duh, Banyak Sarjana Enggan Jadi Wirausahawan


Ilustrasi. (Foto: Reuters).

Ilustrasi. (Foto: Reuters).

Hampir setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk membuka lapangan kerja sendiri. Ya, berwirausaha berlaku bagi siapa saja. Dengan alasan tidak mau bekerja dengan orang lain, mereka pun bisa mempunyai usaha sendiri dan mempunyai karyawan.

Alasan tersebut memang klasik sih, tapi memang lebih baik seperti itu. Pasalnya, jumlah pencari kerja di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Namun, kondisi tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja yang tersedia untuk menampung para pencari kerja.

Menurut Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) Abdul Aziz MPSi, tidak banyak sarjana yang mau terjun ke dunia kewirausahaan. “Biasanya para lulusan itu maunya menjadi pegawai negeri,” ujarnya, seperti dikutip dari laman Unnes, Jumat (21/2/2014).

Pria yang saat menjadi narasumber pembekalan calon wisudawan Unnes dengan tema “Integritas Diri dalam Memasuki Dunia Kerja di Era Global“, menjelaskan hasil temuan survei, yaitu pada 2008, sarjana menganggur berjumlah 740 ribu orang. Kemudian pada 2009 meningkat menjadi 900 ribu orang. “Ini menunjukkan bahwa masih minimnya seorang sarjana yang terjun ke dunia kewirausahaan,” ucapnya.

Selain itu, Ketua LP3 Unnes Bambang Budi Rahardjo MSi menambahkan menjadi hal yang terlambat jika seseorang mencari pekerjaan ketika lulus kuliah. “Lebih bagus ketika masih kuliah sudah merintis,” ungkapnya.

Rintisan tersebut, Bambang melanjutkan, bisa dilakukan saat melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di perusahaan dan instansi. “Untuk itu, perbanyaklah belajar dan praktik ketika duduk di bangku perkuliahan,” tuturnya

Courtesy : Okezone Kampus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s