Inilah Ponsel Android Pertama Nokia


Nokia And

(Normandy, Smartphone Nokia yang diduga berbasis Android. Theverge.com)

Nokia telah mengembangkan ponsel Android sendiri. Berjuluk Normandy dan dikenal secara internal di Nokia dengan sejumlah nama lain, handset ini dirancang sebagai langkah berikutnya untuk ponsel kelas low-end dari pembuat smartphone asal Finlandia itu.

The Verge menulis, dari sumber-sumber yang mengetahui rencana perusahaan itu disebutkan bahwa Nokia telah menguji Normandy dengan varian “cabang” Android khusus yang tidak selaras dengan versi milik Google, mirip dengan apa yang dilakukan Amazon dengan lini Kindle Fire.

Gambar handset itu diungkap pada bulan November oleh @evleaks, yang menunjukkan perangkat bergaya Lumia tanpa tombol kapasitif yang jelas untuk navigasi.

Menurut The Verge, Normandy mendukung aplikasi Android seperti Skype dan aplikasi populer lainnya. Nokia telah mengembangkan ponsel Android meskipun telah ada rencana Microsoft untuk mengakuisisi bisnis handset perusahaan itu.

Tidak jelas apakah Nokia akan merilis handset itu sebelum kesepakatan Microsoft tersebut selesai, atau apakah Microsoft akan terus dengan rencana perangkat itu.

Beberapa sumber telah mengungkapkan kepada The Verge bahwa Normandy dirancang setara Asha untuk mendorong perangkat murah dengan akses ke lebih banyak aplikasi smartphone tradisional–sesuatu yang diperjuangkan perusahaan itu untuk lini Asha Series 40.

“Upaya Nokia ini mirip dengan penggunaan Android oleh Amazon, yang memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan sepenuhnya untuk digunakan sendiri, tulis The Verge, 10 Desember 2013.

Karyawan Nokia yang bekerja untuk Normandy diberitahu perangkat itu direncanakan untuk rilis pada 2014. Salah satu sumber menggambarkan upaya untuk Normandy sebagai “kekuatan penuh”.

Kecuali Nokia berhasil merilis Normandy menjelang kesepakatan dengan Microsoft, kita tidak bisa membayangkan Microsoft bakal tertarik menggunakan Android untuk menyasar kelas low-end dibandingkan sistem operasi Windows Phone sendiri.

Courtesy : Tempo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s