Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa Pas-pasan


100rb

Hidup sebagai mahasiswa merupakan salah satu hal yang paling berkesan dalam hidup. namun, jangan anda kira semua mahasiswa itu anak orang kaya, hidupnya cuma foya foya ngabisin duit orang tua. Itu hanya sebagian mahasiswa. Sisanya, hidup menderita kelaparan tiap hari. Suer, saya ga bohong. Minimal itu yang pernah saya alami.

Sebagian mahasiswa datang dari keluarga miskin atau hampir miskin. Waktu dulu saya kuliah (sekitar tahun 2003-008) saya hanya mendapat uang bulanan 200-300 /bulan selama kuliah. Eith tunggu dulu, itu bukan uang makan aja ya, itu sudah termasuk untuk bayar listrik, beli kebutuhan harian, beli kebutuhan kuliah dan termasuk makan. ya kalau di asumsikan sehari saya habis 10ribu. Jika uang 10 ribu dibelanjakan, itu paling makan 2 kali, sisanya buat lain lain. makanya penting bagi mahasiswa baru yang datang dari keluarga pas pasan seperti saya untuk membiasakan hidup hemat, ga usah banyak gaya, simple, sederhana. Inilah tip tip untuk hidup hemat ala mahasiswa pas pasan khususnya  untuk mahasiswa di jogja. Jika anda merasa seperti ini, santai saja, ada ribuan mahasiswa yang mengalami hal yang sama, “You are not Alone!”.

Ingat, tips ini untuk mahasiswa yang memang dari ortu dikirim pas pasan, jangankan buat foya foya, rekreasi atau pacaran, untuk makan aja susah. jadi inilah tips super hemat yang bisa anda coba!

Minum Air putih saat makan diwarung

Jujur saja, sampai sekarang saya lebih memilih air putih ketimbang ES TEH atau es jeruk. Dulu waktu kuliah emmang demi hemat duit, coba bayangkan kalau Es teh 1.500 saat ini, dikalikan 3 kali makan sehari, itu sudah 4.500, nah kalau sebulan di total sekitar 135.000, nah jika kita asumsikan sekali makan 6 ribu, maka kita bisa makan 22 kali lagi. iya ga?

Makan sehari 2 kali.

Jika ternyata tips pertama juga, uang masih kurang untuk hidup sebulan, langkah selanjutnya adalah makan 2 kali sehari. ternyata, sampai saat ini, banyak juga mahasiswa yang makan 2kali sehari. ini bukan karena ingin diet, ini hanya karena duit ga cukup untuk makan 3 kali sehari. dengan makan 2x sehari, dengan asumsi sekali makan 6.000 , maka dalam sebulan, kita hemat 180.ribu perbulan, nah loh. lumayan kan!

Puasa

Anda sudah mengikuti tip satu dan dua, namun, jatah bulanan juga tetap ga cukup karena kebutuhan  kuliah sangat banyak  semantara anda tidak ingin membebani orang tua? puasa daud atau senin kamis. Anda cukup makan sehari sekali, karena waktu sahur anda cukup minum air putih atau kurma. selain hemat duit, ada nilai ibadahnya kan sekaligus mengurangi nafsu yang lain.

Masak sendiri

Masak sendiri adalah tip selanjutnya, anda tinggal beli lauk atau sayur seperlunya.. kalau perlu, bawa beras dari kampung jika keluarga anda petani, Eit, ga usah malu, kalau buat sendiri, beras 15kg itu lebih dari cukup selama sebulan.

Jual atau gadai barang

Jika terpaksa, gadaikan saja barang  jika kebutuhan mendadak, jual kertas bekas atau mungkin hardisk bekas yang sudah ga kepakai, intinya apa sajalah yang bisa jadi duit.  yang penting jangan menjual atau menggadaikan diri. kasihan orang tuamu dirumah 🙂

Kerja Part time

Coba cari kerja partime, selain memenuhi kebutuhan, juga bisa dijadikan pengelaman kerja, banyak kok pekerjaan parttime, jadi tukang cuci piring, jaga warnet, bimbingan belajar, mprivat anak Sekolah atau jadi assisten dosen/praktikum bisa mengurangi beban ekonomimu dan insyallah setelah lulus anda menjadi manusia yang lebih tangguh!

Ngutang temen

Anda sudah mengikuti tips diatas tapi tetap aja masih kurang, ya maugimana lagi, ngutang ma teman, biasakan ngutang dari teman yang hidup dengan orang tua, jangna ngutang ke teman yang sama sama hidup sengsara di kos ya!.Dan jangan lupa, balikin duit secepatnya kalau kamu sudah ada uang.

Nah, itu saja dulu semoga bermanfaat. Percaya deh, setelah kesulitan itu ada kemudahan dan sehabis kuliah pasti anda merasakan manfaat hidup prihatin waktu kuliah benar benar terasa. Nanti coba anda bandingkan kualitas anda dengan teman yang hidup serba kecukupan waktu kuliah dan setelah kuliah, sayu yakin anda  akan bersyukur karena waktu kuliah anda serba pas pasan!.

Courtesy : Jejak Candra

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s