Perguruan Tinggi Terbuka Untuk Pelajar SMA dan SMK

UB menerima kunjungan SMKN 1 Ngawi dan SMA Tunas Luhur Paiton

UB menerima kunjungan SMKN 1 Ngawi dan SMA Tunas Luhur Paiton

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ngawi belum banyak yang masuk perguruan tinggi. Guru SMKN 1 Ngawi, Daryana, menyampaikan, terinspirasi dari salah seorang siswanya yang masuk Universitas Brawijaya (UB) setelah terpilih sebagai Duta Brawijaya, pihaknya menginginkan lebih banyak lagi siswanya yang bisa masuk perguruan tinggi. Setidaknya 45 siswanya diterima masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2014 ini. Tiga diantara mereka diterima di UB. Jumlah ini selalu meningkat setiap tahunnya, khususnya untuk perguruan tinggi di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti ITS, Unesa, UM, UB, dan UGM.

“Dunia perguruan tinggi sudah terbuka untuk siswa SMK dan Sekolah Menengah Atas (SMA),” kata dia. Menurutnya, SMA dan SMK adalah setara, tergantung pada kompetensi masing-masing. “Yang membedakan adalah kemampuan setiap siswanya,” ia menambahkan.

Wacana dunia perguruan tinggi sudah tidak asing bagi siswa SMK khususnya SMKN 1 ngawi. Selama ini, SMK selalu diidentikkan dengan dunia kerja. Namun sayangnya, dengan bekal ijazah SMK level kualifikasi mereka dinilai rendah. “Ini menjadi tantangan dan kewajiban untuk memfasilitasi anak didik agar bisa maju baik di perguruan tinggi maupun dunia kerja,” kata Daryana.

Pada kunjungannya ke UB, Rabu (28/8), Daryana membawa serta siswa kelas XII pada dua program studi yakni Teknik Elektronika Industri serta Teknologi Komputer dan Jaringan.

Diterima bersamaan dengan SMKN 1 Ngawi adalah SMA Tunas Luhur Paiton. Sekolah yang didirikan PT. YTL Jawa Timur dan PT. Jawa Power ini dalam kunjungannya mengajak siswa angkatan ketujuh mereka. Salah seorang guru, Rudi, menyampaikan bahwa kunjungan kali ini dimaksudkan untuk menjalin silaturrahim dan membina kerjasama dengan UB khususnya dalam penerimaan mahasiswa.

Didirikan delapan tahun silam, Rudi mengaku telah menempatkan siswanya pada berbagai perguruan tinggi mulai dari Universitas Indonesia Jakarta hingga Universitas Udayana di Bali. Namun, ia menandaskan UB tetap menjadi perguruan tinggi terfavorit bagi siswanya. Ini dibuktikan dari jumlah siswa yang diterima selalu tertinggi dibanding perguruan tinggi lain setiap tahunnya. Pernah menerima kunjungan Enny Yogi Sugito terkait Brawijaya Smart School (BSS), Rudi menganggap bahwa BSS merupakan sister school dari SMA Tunas Luhur Paiton.

Di gedung widyaloka, kunjungan kedua sekolah diterima Edy Suyanto, SH dari tim promosi Akademik UB. Kepada rombongan guru dan siswa, ia menjelaskan berbagai informasi terkait UB seperti program studi, beasiswa, serta fasilitas akademik dan non akademik.

Courtesy : Berita UB

Perguruan Tinggi Terbuka Untuk Pelajar SMA dan SMK

PIMNAS 27: Berkreasi dan Berinovasi Dalam Kebhinekaan

https://i2.wp.com/prasetya.ub.ac.id/files/berita_ub/penyerahan_piala_5820_20140827050258.jpg

Juara Umum Pimnas tahun lalu menyerahkan Piala Adhikarta Kertawidya

Pemukulan gong dan penyerahan Piala Adhikarta Kertawidya dari ITS kepada Wakil Mentri Kemdikbud menandai dimulainya perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 27 di Universitas Diponogoro (Undip), Selasa (26/8). Upacara  pembukaan yang digelar di Lapangan Widya Puraya ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Rektor Undip dan Pimpinan Universitas se Indonesia.

Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S. selaku Wamen Kemdikbud menyampaikan agar hasil para juara PIMNAS untuk diikutkan pada kompetisi internasional agar lebih memberikan rasa percaya diri dan motivasi pada mahasiswa.

“Jadikan PIMNAS ini sebagai ajang berkompetisi dalam hal kreatifitas, ajang saling belajar dan memperluas networking,” ungkapnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo SH., mengapresiasi kegiatan PIMNAS ini sebagai sebuah pergerakan mahasiswa dalam hal tradisi ilmiah.

“Tunjukkan bahwa kalian adalah mahasiswa yang mempunyai gagasan yang global  dan berdampak positif dalam menghadapi tantangan ke depan,” ujarnya.

Prof. Sudharto P. Hadi, MES, Ph.D., selaku Rektor Undip menyampaikan kegiatan PIMNAS ini ada dua hal strategis yaitu sebagai ajang kompetisi dalam bidang kewirausahaan, penelitian,  teknologi, karsa cipta dan gagasan tertulis  sebagai barometer budaya akademik di lingkungan universitas serta sebagai wahana merajut kebersamaan dalam bingkai persatuan.

“Oleh karena itu tema PIMNAS tahun  ini adalah berkreasi dan berinovasi dalam kebhinekaan, diharapkan bisa memberikan warna pada segenap mahasiswa yang berbeda-beda bersatu dalam mewujudkan cipta, rasa dan karya untuk bangsa,” tuturnya.

Pembantu Rektor III  Undip Drs. Warsito, SU melaporkan pada PIMNAS 27 ini diikuti oleh 440 tim dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta yang telah dipilih dari total usulan proposal sebanyak 44754.

“Jumlah ini meningkat.dibandingkan tahun sebelumnya hal ini menandakan indikator kreatifitas akademik terus meningkat. PIMNAS 27 ini turut menghadirkan empat pakar dan 68 peneliti maupun praktisi untuk dijadikan juri,” pungkasnya.

Serba Online

Sistem dalam presentasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) lima bidang setiap tahunnya terus diperbaiki, hal ini terlihat dari presensi peserta yang dilakukan secara online dengan menempelkan barcode yang ada pada name tag yang telah diberikan panitia.

Presentasi PKM terbagi dalam beberapa kelas dimana setiap kelas terdiri dari 20 tim. PKM Gagasan Tertulis ada satu, PKM Kewirausahaan terbagi dalam empat kelas, PKM Karsa Ciptanlima kelas, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat empat kelas, PKM Penelitian enam kelas dan PKM teknologi dua kelas.

Courtesy : Berita UB

PIMNAS Ajang Silaturahim Ilmu Antar Mahasiswa

Technical Meeting PIMNAS 27

Technical Meeting PIMNAS 27

Kontingen Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional  Universitas Brawijaya ( PIMNAS UB) pada Senin (25/8) mulai melakukan aktifitas kegiatan PIMNAS 27. Kegiatan pertama adalah registrasi peserta. Registrasi dipusatkan di Gedung Prof. Sudarto Universitas Diponogoro (Undip).

Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP sebagai Ketua Kontingen PIMNAS UB menyampaikan kepada PRASETYA Online kegiatan registrasi ulang PIMNAS setiap tahunnya pasti sangat sibuk sehingga untuk menghindari hal itu setiap bus yang membawa peserta PIMNAS disediakan dua Liason Officer (LO) tersendiri.

“Hal ini untuk memudahkan proses pendaftaran dan koordinasi kepada semua peserta. Setiap bus juga ada ketua koordinator masing-masing” ujarnya.

Elok juga menyampaikan pada hari pertama ini akan banyak sekali kegiatan selain registrasi yaitu Technical Meeting (TM), Bazar, Persiapan Power Point, Pemasangan Poster PKM sampai kegiatan Welcome Dinner pada malam hari.

“Walaupun kegiatannya padat, tapi karena peserta sudah didampingi LO, maka akan diefektifkan setiap acara,” pungkasnya.

Dimas Rizky salah satu peserta Kontingen PIMNAS UB menyampaian kesan saat tiba di Undip.

“Kesannya sampai Undip itu semakin semangat karena melihat kontingen lain terlihat antusias sehingga saya dan tim lebih terpacu untuk mendapatkan juara,”ucapnya.

Pada saat TM Ketua Umum PIMNAS Bambang Sulistiyono menyampaikan ajang PIMNAS ini merupakan media silaturahim ilmu diantara mahasiswa seluruh Indonesia.

“Harapannya ide-ide yang ditawarkan mahasiswa dalam PIMNAS bisa ditindaklanjuti dengan diskusi lebih mendalam dengan para ahli,” pungkasnya.

From : Prasetya Online

Kiat Hidup Hemat Milyader Dunia

100rb

Mereka adalah sebagian orang – orang yang dikenal dan sering masuk dalam peringkat paling kaya di muka bumi ini, banyak orang tahu mereka di peringkat berapa, dan berapa jumlah kekayaannya, tapi tahukah anda , bagaimana kiat dan tips yang mereka gunakan untuk menjadi Orang yang mempunyai kekayaan sebanyak itu ? mari kita simak sama – sama

WARREN BUFFET

Pria berusia 81 tahun ini masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, terkenal sebagai investor andal, dan punya banyak perusahaan, serta memiliki aset sekitar 47 miliar dolar AS. Siapa sangka, ia memulai kisa suksesnya dari usianya yang masih belasan.

KIAT HEMAT DAN SUKSES:

1. Menabung dan Investasi.
Sejak remaja, ia menyimpan hampir sebagian besar penghasilannya dari pekerjaan sebagai loper koran dan investasi saham yang menguntungkan. Uang yang ia dapatkan, digunakan untuk membeli tanah. Sebab ia tahu kalau investasi memberinya ‘penghasilan lebih’ dibanding hanya menabung.

2. Say No to Credit Card.
Ia bilang “Beli apa yang Anda butuhkan bukan inginkan. Utang dan bunganya hanya akan mencekik kita dan tak akan membuat kita kaya.”

CARLOS SLIM HELU

Tahun 2010, majalah Forbes menetapkan Carlos sebagai orang terkaya, mengalahkan Bill Gates dan Warren Buffet. Kalau mau, pria berusia 71 tahun ini bisa menghabiskan uangnya sebesar 1000 dolar AS sekitar Rp 9 juta per menit.

KIAT HEMAT DAN SUKSES:

3. Hindari Barang Bermerek.
Bila ada barang serupa dengan fungsi sama yang harganya lebih ‘membumi’ dibanding barang bermerek, pilihlah. Dengan begitu sebagian uang bisa digunakan untuk sesuatu yang bisa menghasilkan uang lebih, seperti bisnis dan investasi.

4. Orientasi Fungsi.
Prinsipnya, bila barang lama masih bisa dipakai mengapa harus membeli yang baru? Hingga kini, ia memilih menempati rumah lamanya dibanding membeli rumah mewah dan alat transportasi mahal.

MARSHALL GLICKMAN
Profesi sebagai konsultan keuangan membuat Marshall masuk dalam jajaran orang sukses dan berpenghasilan besar. Ia percaya kalau sukses tak selalu dimulai dengan modal besar.

KIAT HEMAT DAN SUKSES:

5. Pilih Investasi yang tak Menguras Dompet,
yaitu menjalin networking dengan menyusun daftar relasi dan menjaga hubungan baik dan mengembangkan ide-ide kreatif tentang bisnis.

6. Berani Memulai.
Percaya pada diri sendiri kalau Anda layak untuk sukses. Ingin menjalankan bisnis atau investasi, lakukanlah sekarang!

CHUCK FEENEY, JOHN CAUDWELL , DAVID CHERITON

Pada 1960, Chuck Feeney mendirikan Duty Free Shopper Group, toko bebas pajak bagi para turis, sebelum sebagian besar sahamnya dibeli oleh Louis Vuitton Moet Hennessy pada 1996. Lain lagi dengan John Caudwell, pengusaha asal Inggris yang menggunakan uangnya untuk bisnis ponsel. Sedangkan David Cheriton, profesor Standford University ini menginvestasikan uangnya di perusahaan teknologi. Pertannyaannya, bagaimana mereka mendapat uang untuk mengembangkan bisnis itu?

KIAT HEMAT DAN SUKSES:

7. Budayakan jalan kaki.
Selain baik untuk kesehatan, jalan kaki juga menghemat biaya transportasi, baik kendaraan umum maupun mobil pribadi, untuk jarak tempuh dekat.

8. Memilih transportasi umum daripada mobil pribadi.
Ternyata, pengeluaran untuk mobil bisa menghabiskan setengah dari penghasilan yang kita punya. Tak hanya bahan bakar, tetapi juga perawatannya.

9.Tak perlu baju butik mahal.
Jins dan t-shirt merupakan pakaian favorit Caudwell. Menurutnya, membeli baju mahal adalah cara membuang uang yang mudah.

10. Jangan sombong.
Cheriton meyakini kalau sifat sombong dan suka pamer akan menjauhkan kita dari orang-orang terdekat dan lupa untuk meng-upgrade kemampuan karena merasa paling hebat.

INGVAR KAMPARD, FREDERIK MEIJER

Pernah dengar nama IKEA? Toko furnitur kelas dunia ini adalah milik pria 85 tahun, Ingvar Kampard. Bermula dari jualan korek api sejak belia untuk para tetangganya, Kampard menyadari bahwa bisnis memberikan keuntungan lebih. Ia mulai berjualan barang kelontong, mulai dari dekorasi pohon natal, pena, pensil, dompet, bingkai foto, hingga ikan hias. Sama seperti Kampard, Meijer juga memulai usahanya dengan menjalankan toko kelontong ayahnya sejak usia 14. Hingga kini, toko yang diberi nama Meijer berkembang menjadi hipermarket ternama di Amerika.

KIAT HEMAT DAN SUKSES:

11. Tak Tergiur Fasilitas Mewah.
Kedua miliarder ini jauh dari kata gengsi. Saat naik pesawat atau menginap di hotel, mereka lebih memilih kelas biasa. Hingga kini, Ingvar masih menggunakan mobil Volvo tua yang ia beli 15 tahun silam. Sedangkan Meijer masih menggunakan mobil sederhananya hingga tak lagi berfungsi.

12. Berbagi.
Keduanya juga meyakini, berbagi dengan beramal tak akan membuat siapa pun jatuh miskin.

“SETIAP RUPIAH YANG DIHEMAT, AKAN MENENTUKAN KEHIDUPAN ANDA DI MASA DEPAN. IBARAT SATU TETES AIR YANG TERBUANG LAMA-LAMA AKAN MENGHABISKAN BERGALON-GALON AIR,” kata motivator J. Donald Walters dalam buku Rahasia Para Miliarder karya William Tanuwidjaja.

Courtesy : Forum Kompas

4 Hal yang Harus Diketahui Tentang Malam Minggu

ftrd mlmminggu

Apa yang lo pikirin ketika mendengar kata malam minggu? Pacaran? Jomblo? Galau? Atau Sabun?.

Setelah lebih dari satu tahun gue punya akun twitter gue bingung kenapa hampir setiap malam minggu timeline gue seragam. Isinya tweet-tweet galau para jomblo. Ataupun kalau enggak, isinya selebtweet yang nyindirin Jomblo.

Jadi gini sob, sebenarnya malam minggu itu sama sekali gak istimewa. Buat elo yang gak malam mingguan jangan ngerasa kalau elo adalah orang yang terpinggirkan. Malam Minggu hanyalah sebuah nama. Ia menjadi sedikit istimewa karena pada malam itu banyak orang yang menghabiskan waktu di luar karena besoknya libur.

Coba seandainya sejak zaman dahulu kala liburan itu di hari kamis, tentu yang dianggap istimewa itu malam kamis.

 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus elo ketahui mengenai Malam Minggu :

1. Malam Minggu dan Sabtu Malam itu sama

sama

Gue paling sering baca tweet yang isinya menolak kalau malam minggu disebut sabtu malam.
Gini ya sob! gue Cuma mau bilangin kalau Malam Minggu sama sabtu malam itu sama. yang ngajarin kalau keduanya beda sebenarnya adalah orang-orang yang pengen lo keliatan menderita. Orang yang menderita selalu ingin menghindar dan mencari pelarian.
Dengan elo menghindar dari istilah “malam minggu” dan menggantinya dengan “sabtu malam” elo jadi keliatan menderita. Padahal gue yakin elo gak semenderita yang mereka pikirkan.

2.  Yang Nyindirin Jomblo di Malam Minggu Belum Tentu Bahagia

Yang nyindirin Jomblo biasanya sih yang punya pacar. Tapi jangan salah, ada juga yang Jomblo teriak Jomblo. Yang elo harus tahu adalah bahwa mereka yang Nyindir belum tentu lebih bahagia dari elo.

gbvr

Emangnya jalan bareng pacar itu tolak ukur kebahagiaan?. Bagi setiap orang tolak ukur kebahagiaan itu berbeda. Bisa aja elo yang lagi ngumpul bareng keluarga di rumah sambil makan gorengan lebih bahagia dari mereka yang jalan bareng pacar dan capek nunggu keluar dari perangkap kemacetan.

jph1xrz1

 

3. Gak Semua Jomblo di Malam Minggu Itu Galau

Udah jadi rahasia umum kalau orang-orang mengidentikan Jomblo dan malam minggu dengan galau. Padahal gak semua Jomblo itu galau di malam minggu. Banyak kok Jomblo yang malah produktif di malam minggu.

komikNgojek Payung…

Kalau yang punya pacar bangga bisa jalan bareng pacar, yang jomblo juga bisa jalan bareng teman-teman. Lebih rame malah.

Walaupun ada jomblo yang galau di malam minggu, itu akibat ulah anak-anak sosial media yang bikin hidup ini jadi lebay. Mereka bikin tweet/status galau yang bikin orang-orang yang baca jadi kebawa galau. Padahal nih ya, Malam Minggu gak pernah sesuram seperti sekarang sebelum Sosial Media ditemukan.

 

4. Nyindir di Malam Minggu Adalah Trik para Kapitalis

Kenapa banyak selebtweet nyindirin Jomblo? Kenapa banyak akun galau berfollower ratusan ribu juga nyindirin Jomblo? Mungkin aja ya Itu karena mereka dibayar oleh mal-mal dan kafe-kafe. Mal dan kafe-kafe ingin agar lebih banyak orang yang keluar malam minggu dan pergi ke tempat-tempat rame. Caranya dengan membuat orang-orang yang malam mingguannya Cuma di rumah merasa tidak nyaman.

mol

 

———————————————————————————————————–

Intinya sih gue Cuma mau bilang kalau malam minggu itu gak sehoror yang orang-orang pikirkan.
Malam minggu itu bukan tentang dimana elo menghabiskannya, tapi  bagaimana elo memanfaatkannya.

Ingatlah, di saat remaja kita masih sibuk galau malam minggu gak jalan kemana-mana, di jerman sana ada sekelompok anak lagi galau cara bikin mesin pesawat. Di saat remaja kita sibuk meretweet aku-akun galau, di jepang sana remajanya lagi galau mikirin gimana caranya bikin program inovatif terbaru.

Kebahaagiaan itu bukan soal status, tapi soal keputusan. Apapun kondisinya, apapun malamnya,
selama elo merasa bahagia, jadilah diri elo yang apa adanya.

#BanggaJadiJomblo
#HuwalaIndonesia

Mahasiswa FTP Ciptakan Detergen dari Getah Biduri

detergen

Penggunaan zat aktif surfaktan Alkil Benzena Sulfonat (ABS) dan Linear Alkil Sulfonat (LAS)  pada produk pembersih detergen diketahui menimbulkan dampak negatif bagi makhluk hidup. Sebab zat tersebut adalah bahan aktif berbahaya yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme sehingga dapat mencemari lingkungan khususnya air sungai dan bahkan menyebabkan kematian pada biota laut. Selain itu, kandungan ABS dan LAS pada deterjen juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan akibat residu cemaran yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan iritasi kulit.

Seiring pertumbuhan penduduk, pemakaian detergen akan terus meningkat yang berarti berpotensi memperparah pencemaran lingkungan. Inilah yang melatar belakangi kelima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), Devy Setyana, M.Arham, Sugiyati Ningrum, Anggi Nurvianti dan Nur Oktavia Suci dibawah bimbingan Endrika Widyastuti S.pt. M.Sc. MP. dan Nur Ida Panca STP. MP.  menciptakan deterjen alami berbahan ekstrak getah biduri (Calotropis gigantae) dengan teknologi nano bernama “Bio-Nano Surf” pada Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P).

Dipaparkan ketua tim, Devy Setyana yang merupakan mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP FTP) angkatan 2010, ini kelompoknya sengaja memilih getah tanaman biduri karena memiliki kandungan saponin dan enzim protease yang mampu bertindak sebagai deterjen alami.

“Saponin adalah jenis glikosida yang dapat membentuk buih dalam air serta dapat mengangkat kotoran dan menurunkan tegangan air, sedangkan protease adalah enzim yang dapat merombak protein. Dengan demikian keberadaan enzim protease dapat membantu kinerja saponin dalam membersihkan noda karena kemampuannya dalam memecah protein yang merupakan salah satu komponen utama kotoran pakaian,” kata Devy menuturkan.

Devi menambahkan biduri merupakan tanaman lokal Indonesia yang ketersediaannya cukup melimpah. Tanaman ini termasuk mudah tumbuh dan tidak bersifat musiman tapi masih minim pemanfaatan. Bahkan sebagian masyarakat masih menganggap hama karena mengandung kalsium oksalat yang menyebabkan gatal – gatal. Padahal dengan netralisasi menggunakan HCl pada konsentrasi aman sebesar 0,2–1% sebenarnya hal itu dapat diatasi sehingga kita bisa mengambil manfaat dari saponin dan protease yang dimilikinya,” jelasnya lebih lanjut.

Proses pembuatan deterjen alami ini menggunakan nanoteknologi sebagai suatu rekayasa molekuler yang mengubah partikel berskala nanometer. Nanoteknologi ini akan meningkatkan kemampuan deterjen untuk membersihkan noda. Hal ini dikarenakan makin kecil partikel akan makin memudahkan masuk ke serat kain terkecil. Selain itu partikel nano yang berukuran kecil juga akan meningkatkan daya degradasi deterjen sehingga lebih  mudah diurai oleh mikroorganisme.

Proses nanofikasi ini menggunakan freeze drying (mesin pengering beku pada suhu minus-red)  yang mampu mengecilkan partikel deterjen sampai 800 nanometer. Teknologi ini juga memungkinkan terbentuknya kristalisasi ekstrak getah biduri sehingga menjadi bubuk.

Setelah mengalami proses pengujiian yang dilakukan dengan mencuci noda coklat pada kain dengan perendaman 5 menit dan pengucekan 1 menit, terbukti deterjen alami berbahan getah biduri ini mampu menyamai kemampuan deterjen komersial. Selain itu dilakukan pula uji toksisitas dan nilai baku mutu limbah deterjan untuk menguji tingkat biodegradable (kemampuan terurai di alam-red) pada deterjen alami getah biduri. Terbukti nilai baku mutu limbah deterjen getah biduri lebih rendah dari batas maksimum ketetapan baku mutu limbah pada deterjen komersial sehingga lebih ramah lingkungan.

Saat ini hasil penelitian “Bio-Nano Surf”  sudah didaftarkan untuk memperoleh hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dan akan diikutkan pada konverensi ilmiah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Selandia Baru.

Courtesy : Prasetya Ub

Nyanyian Fatin Shidqia Muncul di Situs Resmi Bruno Mars

Fatin

Membawakan lagu Grenade pada ajang musik berbakat X-Factor Indonesia menjadi berkah tersendiri bagi Fatin Shidqia Lubis. Di situs resmi Bruno Mars (brunomars.com) mengunggah tayangan penampilan perdana Fatin di ajang X-Factor Indonesia itu.

Video itu dipublikasikan pada 24 Januari 2013 lalu. Tidak sedikit komentar bagus ditujukan kepada gadis yang baru berumur 16 tahun itu. Mereka menyatakan kagum atas olah vokal Fatin. Salah satu pengunjung situs Bruno Mars, pemilik akun PeaceNina, menulis kalimat pujian:”Really love her voice… n I love this song so much… great voice! amazing! awesome! wish u luck on X-Factor Indonesia.. lavya Fatin :* Good Luck!! Ganbatte!

Tidak hanya di situs resmi Bruno Mars, sebelumnya Fatin sudah jadi idola di YouTube. Diunggah oleh salah satu fansnya pada tanggal 18 Januari 2013, video itu sudah dilirik lebih dari 500 ribu pengunjung.

Pada penampilan perdananya di X-Factor Indonesia pada tanggal 18 Januari 2013 itu, suara Fatin diacungi jempol oleh keempat juri, yakni: Ahmad Dhani, Rossa, Beby Romeo, dan Mulan Jameela. Mereka serempak menyatakan “yess” buat Fatin, yang saat itu tampil masih mengenakan seragam sekolahnya.

Courtesy : Jelajah Unik

Berpetualanglah

Akankah kita menghabiskan waktu menatap dunia dari jendela kendaraan, rumah, kantor yg itu-itu saja sepanjang hidup kita? Lantas menghela nafas seolah lega?

Ayo, berpetualanglah. Perjalanan melihat dunia itu penting. Pindah ke tempat yang baru agar lebih baik juga penting. Teladan ini ada di banyak pelajaran luhur.

Alat Pasteurisasi Jus dari FTP UB

AISI PRO (Automatic Juice Pasteurisation)

AISI PRO (Automatic Juice Pasteurisation)

Tingginya potensi buah di Indonesia tidak berbanding lurus dengan daya tahan beragam produk olahannya. Salah satu produk olahan buah yang mudah dan paling banyak peminatnya adalah jus atau sari buah. Namun pengolahan dengan cara yang sudah umum tidak dapat mempertahankan kesegaran jus buah. Inilah yang mendasari dibuatnya alat Automatice Juice Pasteurization (AISI PRO) oleh tiga orang mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya.

Alat yang dirancang dan dibuat oleh Agung Heru Yatmo, Indrawan Cahyo Adileksono dan M.Bagus Widyatma ini menggunakan arus listrik untuk mengawetkan jus atau olahan sari buah. “AISI PRO berbasis Ohmic Heating, metode pemanasan menggunakan aliran listrik secara langsung. Untuk mencapai suhu 80 derajat hanya dibutuhkan waktu sekitar 64 detik”, ujarnya.

Menurut Agung, produk olahan jus tidak bisa disamakan. “Buah dengan kadar keasaman (Ph) dibawah 4 lebih mudah bercampur ragi dan jamur, pemanasannya butuh 60-80 detik. Sedang buah dengan Ph diatas 4 lebih tahan lama”, ujarnya.

AISI PRO adalah produk Program Kreatifitas Mahasiswa Karya Cipta. Dengan waktu pembuatan 2 bulan, alat ini mampu menjaga kandungan vitamin dalam jus tidak berkurang banyak atau bahkan hilang. “Dalam 100 ml jus manga, vitamin yang terkandung sekitar 6.59 mg, setelah dipanaskan masih menyimpan 6,48 mg”,ujar Agung. Melalui alat ini, Agung berharap dapat mengurangi penggunaan pengawet dan meningkatkan daya simpan olahan jus buah.

Courtesy : Prasetya Online

Menghitung Passing Grade SNMPTN dan SBMPTN

20120407_092615_sarjana-1

Ada bberapa kesalahan dalam memahami passing grade untuk tiap-tiap jurusan dalan PTN. Adapun kesalahannya adalah:

# Pada dasarnya, PTN manapun tidak akan memberikan bocoran tentang passing grade kepada pihak-pihak tertentu. So, passing grade yang kita ketahui ini adalah buatan bimbel yang sengaja dibuat untuk acuan kelulusan atau kemampuan dalam menjawab soal.

# Passing Grade adalah sesuatu yang sifatnya Dinamis. Artinya, setiap periode SNMPTN memilikistandar tersendiri untuk jurusan-jurusan tertentu setiap tahunnya.

#Sejatinya passing grade bukanlah standart kelulusan dalam SNMPTN, tapi keketatan karena SNMPTN bertujuan untuk menyeleksi yang baik dari yang terbaik, bukan menilainya.

Ada cara untuk menghitung passing grade dalam menjawab soal-soal SNMPTN tahun lalu atau Try Out untuk menghadapi SBMPTN.

Contonya anda mengerjakan Soal SNMPTN tahun lalu, dan kemudian cocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang tersedia.

Terus hitung passing grade anda dengan rumus berikut:

Passing Grade = (B x 4) – ( S x 1) x 100

                                     JS x 4

Keterangan:

B = Jumlah jawaban benar

S + Jumlah jawaban salah

JS = Jumlah soal

Passing Grade SNMPTN Paijo

Contohnya:

Hari pertama (materi dasar), Paijo menjawab 25 Soal SBMPTN dengan benar dan 25 soal dengan salah, dan 25 soal tidak dijawabnya.

Cara menghitungnya:

 (25×4) – (25×1) x 100  = 25

75 x 4

Courtesy : Tentang SNMPTN

Kaltim Prima Coal Kenalkan Good Mining Practice

Kuliah Tamu Kaltim Prima Coal

Kuliah Tamu Kaltim Prima Coal

PT Kaltim Prima Coal bekerja sama dengan Biro Administrasi Kemahasiswaan, Universitas Brawijaya menyelenggarakan Seminar Sehari “Good Mining Practice”. Acara ini diselenggarakan pada Kamis (05/6) lalu di Samanta Krida, Universitas Brawijaya.

Kegiatan yang diikuti oleh hampir tiga ribu mahasiswa UB ini dibuka secara resmi oleh Rektor UB, Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito. Dalam sambutannya, Rektor menjelaskan sudah ada kerjasama dengan PT KPC. “Kerjasama antara UB dan PT Kaltim Prima Coal sudah berlangsung lama, salah satunya dengan ada seminar sehari ini. Alumni UB juga ada yang bekerja di PT KPC, bahkan para alumni sudah mempersiapkan beasiswa untuk mahasiswa UB”,ujarnya.

Pembicara dalam kegiatan ini antara lain Chief Executive Editor PT Kaltim Prima Coal, Endang Ruchijat dan Chief Operation Officer, R. Utoro. Good Mining Practice adalah rangkaian tahapan dari perizinan perusahaan, keselamatan pekerja dan juga kepedulian atau reklmasi lingkungan bekas tambang.

Courtesy : Prasetya UB

Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa Pas-pasan

100rb

Hidup sebagai mahasiswa merupakan salah satu hal yang paling berkesan dalam hidup. namun, jangan anda kira semua mahasiswa itu anak orang kaya, hidupnya cuma foya foya ngabisin duit orang tua. Itu hanya sebagian mahasiswa. Sisanya, hidup menderita kelaparan tiap hari. Suer, saya ga bohong. Minimal itu yang pernah saya alami.

Sebagian mahasiswa datang dari keluarga miskin atau hampir miskin. Waktu dulu saya kuliah (sekitar tahun 2003-008) saya hanya mendapat uang bulanan 200-300 /bulan selama kuliah. Eith tunggu dulu, itu bukan uang makan aja ya, itu sudah termasuk untuk bayar listrik, beli kebutuhan harian, beli kebutuhan kuliah dan termasuk makan. ya kalau di asumsikan sehari saya habis 10ribu. Jika uang 10 ribu dibelanjakan, itu paling makan 2 kali, sisanya buat lain lain. makanya penting bagi mahasiswa baru yang datang dari keluarga pas pasan seperti saya untuk membiasakan hidup hemat, ga usah banyak gaya, simple, sederhana. Inilah tip tip untuk hidup hemat ala mahasiswa pas pasan khususnya  untuk mahasiswa di jogja. Jika anda merasa seperti ini, santai saja, ada ribuan mahasiswa yang mengalami hal yang sama, “You are not Alone!”.

Ingat, tips ini untuk mahasiswa yang memang dari ortu dikirim pas pasan, jangankan buat foya foya, rekreasi atau pacaran, untuk makan aja susah. jadi inilah tips super hemat yang bisa anda coba!

Minum Air putih saat makan diwarung

Jujur saja, sampai sekarang saya lebih memilih air putih ketimbang ES TEH atau es jeruk. Dulu waktu kuliah emmang demi hemat duit, coba bayangkan kalau Es teh 1.500 saat ini, dikalikan 3 kali makan sehari, itu sudah 4.500, nah kalau sebulan di total sekitar 135.000, nah jika kita asumsikan sekali makan 6 ribu, maka kita bisa makan 22 kali lagi. iya ga?

Makan sehari 2 kali.

Jika ternyata tips pertama juga, uang masih kurang untuk hidup sebulan, langkah selanjutnya adalah makan 2 kali sehari. ternyata, sampai saat ini, banyak juga mahasiswa yang makan 2kali sehari. ini bukan karena ingin diet, ini hanya karena duit ga cukup untuk makan 3 kali sehari. dengan makan 2x sehari, dengan asumsi sekali makan 6.000 , maka dalam sebulan, kita hemat 180.ribu perbulan, nah loh. lumayan kan!

Puasa

Anda sudah mengikuti tip satu dan dua, namun, jatah bulanan juga tetap ga cukup karena kebutuhan  kuliah sangat banyak  semantara anda tidak ingin membebani orang tua? puasa daud atau senin kamis. Anda cukup makan sehari sekali, karena waktu sahur anda cukup minum air putih atau kurma. selain hemat duit, ada nilai ibadahnya kan sekaligus mengurangi nafsu yang lain.

Masak sendiri

Masak sendiri adalah tip selanjutnya, anda tinggal beli lauk atau sayur seperlunya.. kalau perlu, bawa beras dari kampung jika keluarga anda petani, Eit, ga usah malu, kalau buat sendiri, beras 15kg itu lebih dari cukup selama sebulan.

Jual atau gadai barang

Jika terpaksa, gadaikan saja barang  jika kebutuhan mendadak, jual kertas bekas atau mungkin hardisk bekas yang sudah ga kepakai, intinya apa sajalah yang bisa jadi duit.  yang penting jangan menjual atau menggadaikan diri. kasihan orang tuamu dirumah 🙂

Kerja Part time

Coba cari kerja partime, selain memenuhi kebutuhan, juga bisa dijadikan pengelaman kerja, banyak kok pekerjaan parttime, jadi tukang cuci piring, jaga warnet, bimbingan belajar, mprivat anak Sekolah atau jadi assisten dosen/praktikum bisa mengurangi beban ekonomimu dan insyallah setelah lulus anda menjadi manusia yang lebih tangguh!

Ngutang temen

Anda sudah mengikuti tips diatas tapi tetap aja masih kurang, ya maugimana lagi, ngutang ma teman, biasakan ngutang dari teman yang hidup dengan orang tua, jangna ngutang ke teman yang sama sama hidup sengsara di kos ya!.Dan jangan lupa, balikin duit secepatnya kalau kamu sudah ada uang.

Nah, itu saja dulu semoga bermanfaat. Percaya deh, setelah kesulitan itu ada kemudahan dan sehabis kuliah pasti anda merasakan manfaat hidup prihatin waktu kuliah benar benar terasa. Nanti coba anda bandingkan kualitas anda dengan teman yang hidup serba kecukupan waktu kuliah dan setelah kuliah, sayu yakin anda  akan bersyukur karena waktu kuliah anda serba pas pasan!.

Courtesy : Jejak Candra